Manfaat Ice Pack atau Cool Pack

Manfaat Ice Pack atau Cool Pack - Pernahkah anda mendengar kata ice pack atau cool pack? Teknologi karet penyimpan dingin yang kerap disebut ice pack atau cool pack tampaknya mulai ramai diterapkan pada kehidupan sehari-hari. Ice pack atau cool pack ini kini menjadi alternatif baru pengganti es batu yang selama ini digunakan untuk keperluan pendinginan.

Apa itu ice pack atau cool pack? 

Ice Pack atau Cool Pack merupakan suatu cairan yang dapat dibekukan sehingga menjadi seperti es. Icepack digunakan sebagai pengganti dry ice atau es batu.

Karet ice pack atau cool pack dapat menahan dingin hingga 10 jam. Ice pack atau cool pack juga bisa diaplikasikan di lemari es, cool box atau media penyimpanan lain. Bahkan produsen kulkas pun telah menerapkan teknologi ice pack atau cool pack ini pada produknya.

manfaat cool pack

Ice Pack menggunakan hard casing terbuat dari plastik HDPE tidak mudah bocor dan aman digunakan sebagai media pendingin untuk minuman, makanan, sayuran, buah bahkan es krim.

Selain digunakan untuk pendinginan makanan, ice pack atau cool pack juga dapat dipakai untuk bahan-bahan yang lain. Misalnya daging, ikan, udang, obat-obatan dan lain-lain.

Sedangkan untuk waktu yang diperlukankan untuk membekukan Ice Pack kurang lebih membutuhkan waktu 6-24 jam. Kualitas pendinginan ice pack ditentukan juga dari kandungan dan ketebalan karet yang diaplikasikan.

Untuk ice pack yang telah beku dapat bertahan hingga sekitar 6~10 jam tergantung pada kotak penyimpanan serta frequensi buka tutup kotak penyimpanan. Ice pack dapat menjadi pengganti es batu cukup dengan membekukan Ice pack dalam frezzer sebelum digunakan.

Manfaat Ice Pack

Manfaat Ice Pack atau Cool Pack
  1. Letakkan lempengan ice pack ke dalam lemari es. Itu akan memberikan suhu tambahan hingga -20ÂșC di dalam kulkas.
  2. Menempatkan satu lempeng ice pack dalam lemari es mobil anda dapat mempertahan suhu minuman & makanan anda selama kendaraan tidak dijalankan di malam hari.
  3. Dengan meletakkan 4 lempeng ice pack ke dalam cooler box 40 liter dapat mempertahankan suhu ice cream selama minimal 12 jam.
  4. Menempatkan beberapa ice pack pada cool storage, membuat ikan tetap beku tanpa menimbulkan air seperti dalam penggunaan es batu pada umumnya.
  5. Menempatkan beberapa ice pack pada cool storage Ice cream, sayuran, buah-buahan dan minuman segar di display case atau show case pada akan membuat kinerja cool storage menjadi maksimal dan hemat energi.
  6. Menempatkan beberapa lempeng dalam cold storage dapat membantu menurunkan suhu rendah menjadi extra rendah sehingga investasi anda lebih hemat dibandingkan memakai cold storage extra rendah begitu pula untuk mobiling cold storage.
  7. Ice pack bisa dipakai untuk unit unit cool box pedagang keliling, asongan minuman dan makanan dingin, ice cream dll. Ice pack dapat digunakan kembali (re-useable) sehingga sangat effectif karena tidak perlu lagi membeli es batu setiap hari, maka akan menghemat hingga pengeluaran.
  8. Laboratorium dan Rumah Sakit dapat menggunakan ice pack untuk kebutuhan stabilisator suhu obat obatan baik untuk delivery dan penyimpanan.
  9. Pada cold storage kapal penangkapan ikan laut dan pengiriman udang dan Tempat Pelelangan Ikan segar didaerah pantai.
  10. Inovasi Fan atau kipas angin menjadi Air Conditioner (AC) yang ramah lingkungan dan tidak lembab seperti keluaran sebelumnya yang menggunakan air dingin.

fungsi ice pack


Ice Pack untuk kegiatan sehari hari

  • Ice Pack digunakan untuk kulkas
  • Ice pack digunakan untuk mengirimkan produk seperti es krim, yogurt, fresh milk (susu segar), ice cake, pancake duren
  • Ice Pack dapat dipakai untuk pedagang minuman segar.
  • Ice Pack dapat dipakai untuk penjual es krim selama berdagang.
  • Ice pack untuk penyimpanan ASI agar tetap segar suhunya dan tidak mudah rusak.
  • Ice Pack untuk para pemancing ikan agar hasil tangkapannya agar tetap segar / tidak busuk

Semoga bermanfaat artikel Manfaat Ice Pack atau Cool Pack ini bermanfaat untuk pembaca sekalian.


2 Responses to "Manfaat Ice Pack atau Cool Pack"

  1. Berbagai macam artikel tentang yang dingin2 selalu nemu blog ini... keren banget min... jadi tau manfaat ice pack... thank you min :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Namanya juga Blog dinginaja hehehe... Terimakasih atas kunjungannya..

      Delete

Featured post

Cara Mudah Membuat Absen Online untuk Pembelajaran featured

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel