-->
Indonesia Website Awards

Fungsi Servis Manifold pada Pekerjaan Servis AC

Fungsi Servis Manifold pada Servis AC dan Kulkas

Dalam pekerjaan servis refrigerasi dan tata udara, banyak macam-macam peralatan yang digunakan dalam pekerjaannya. Mulai dari peralatan yang umum digunakan, sampai dengan peralatan yang khusus digunakan dalam pekerjaan refrigerasi dan tata udara.

Pada kesempatan kali ini kami akan membahas satu alat khusus yang banyak digunakan pada pekerjaan servis refrigerasi dan tata udara. Alat ini tidak banyak yang mengetahuinya. Karena penggunaanya lebih khusus di bidang refrigerasi atau tata udara.

Alat yang kami maksud di sini adalah manifold gauge. Istilah penyembutan alat ini bermacam-macam. Ada yang menyebutnya dengan servis manifold, ada yang menyebut dengan analyzer. Namun maksud dan kegunaannya tetap sama.


Bentuk Servis Manifold

Manifold merupakan alat yang wajib dimiliki oleh teknisi perbaiakn kulkas, AC, showcase, freezer, dan mesin-mesin pendingin sejenis. Bentuk servis manifold dibuat standar, sehingga mudah digunakan oleh siapa saja.

Fungsi Servis Manifold AC


Untuk warna-pun sudah standar, yaitu biru-merah. Biru menandakan tekanan rendah, sedangkan warna merah menunjukkan tekanan tinggi.

Ada dua tipe manifold yang dijual di pasaran, yaitu tipe single manifold dan tipe double manifold. Manifold tipe single mempunyai satu valve (kran) dan dua port (saluran). Manifold tipe double mempunyai dua valve dan tiga port. Yang akan diterangkan disini adalah servis manifold dengan tipe double.


Fungsi Servis Manifold

Servis manifold atau manifold gauge ini termasuk ke dalam alat ukur. Fungsi servis manifold atau manifold gauge adalah untuk mengukur tekanan gas. Satuan tekanan yang digunakan ada bermacam-macam. Diantaranya psi, bar, atm, inHg dan sebagainya. Tergantung pada pabrikan pembuatnya.

Selain untuk mengukur tekanan gas –dalam hal ini refrigerant (Freon)– servis manifold juga dapat digunakan untuk melakukan pemvakuman sistem pendingin. Penggunaannya dikombinasikan dengan pompa vakum. Juga dipakai untuk menakukan pengisian refrigerant dan oli.


Bagian-Bagian Servis Manifold

Pengukur tekanan berwarna biru disebut compound gauge, yaitu dapat melakukan pengukuran positif dan pengukuran negative (vakum). Istilah lainnya adalah meter ganda.


Bagian-bagian Servis Manifold

Pengukuran vakum antara 30 inHg – 0 psi, dan 0 psi – 250 psi untuk pengukuran bertekanan di atas atmosfer. Compound gauge berwarna biru, dan selang yang terhubung ke nozzle disepakati berwarna biru juga.

Pengukur tekanan berwarna merah disebut pressure gauge, yaitu dengan range antara 0 psi – 500 psi. Kode warna pressure gauge ini berwarna merah, demikian juga dengan selang yang terhubung padanya.

Dan di bagian tengah manifold ada nozzle yang diberi selang berwarna kuning. Selang kuning ini biasanya terhubung ke pompa vakum pada saat melakukan pemvakuman.

 

 

0 Response to "Fungsi Servis Manifold pada Pekerjaan Servis AC"

Posting Komentar

Berkomentar dengan sopan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel