-->

LKS Tingkat Nasional; Bidang Refrigeration and Air Conditioning

LKS Tingkat Nasional 2021; Bidang Refrigeration and Air Conditioning

Lomba Kompetensi Siswa (LKS) merupakan event kompetisi tahuanan yang diikuti siswa SMK sesuai dengan bidang keahliannya. LKS setara dengan Olimpiade Sains Nasional (OSN) pada jenjang SMP/SMA. LKS SMK Tingkat Nasional rutin diadakan setiap satu tahun sekali. LKS merupakan salah satu bagian dari rangkaian proses seleksi siswa SMK terbaik di seluruh Indonesia, yang akan dibimbing lebih lanjut sesuai dengan bidang kompetensi masing-masing untuk diikutsertakan dalam kempetisi tingkat internasional.

Juara 1 LKS tingkat Nasional akan mewakili Indonesia dalam ajang kegiatan ASEAN Skills (kompetisi keahlian tingkat ASEAN), Worldskills Asia Competition (kompetisi keahlian tingkat Asia), dan World Skills International (kompetisi keahlian tingkat Dunia).

Kegiatan LKS ini bertujuan untuk mendorong semangat berkompetisi antar siswa SMK, sebagai upaya mempromosikan lulusan SMK kepada DUDIKA, dan pemangku kepentingan lainnya.

 

LKS Bidang Refrigeration and Air Conditioning

Tahun 2021 dilaksanakan LKS Tingkat Nasional yang ke 29. Penyelenggaraan LKS Nasional dilaksanakan secara daring. Masih sama dengan LKS tahun 2020 sebelumnya, dimana sedang marak pandemi Covid-19.

LKS bidang Refrigeration and Air Conditioning diikuti oleh 20 SMK se-Indonesia. SMKN 2 Metro diwakili oleh siswa jurusan Teknik Pendinginan dan Tata Udara (TPTU) yang bernama Tegar Dheo Alvitto, dan dibimbing oleh bapak Ahmad Wahyudi, S.T.

Foto LKS 2021


Pelaksanaan lomba dilakukan di jurusan TPTU SMKN 2 Metro. Lomba berlangsung selama tiga hari, dengan jumlah modul sebanyak tiga modul.

Modul A, peserta harus membuat evaporator dan merakit trainer sistem pendingin sederhanan sesuai dengan layout dan dimensi gambar yang diberikan oleh penguji.

Modul B, peserta melakukan perakitan komponen, identifikasi kebocoran dan melakukan komisioning kelistrikan dan sistem, sesuai dengan ketentuan yang diberikan oleh juri.

Modul C, peserta membuat Analisa jawaban dari soal yang diberikan oleh juri, dan mengikuti proses wawancara langsung secara daring.

 

Bronze Medal; Juara 3 Tingkat Nasional

Pada LKS SMK tahun 2021 ini, alhamdulillah siswa SMKN 2 Metro, Lampung, Tegar Dheo Alvitto mendapatkan juara ke-3 pada bidang lomba Teknik Tata Udara dan Pendingin (Refrigeration and Air Conditioning).

LKS Bidang Refrigeration and Air Conditioning

Daftar Juara LKS Bidang Refrigeration and Air Conditioning 2021


Juara 1 LKS Refrigeration and Air Conditioning di raih oleh peserta dari Jawa Timur. Dan Juara 2 diraih oleh peserta dari Jawa Tengah.


Foto Dokumentasi LKS TPTU SMKN 2 Metro

Hari Pertama Modul A

Foto LKS Bidang Refrigeration and Air Conditioning

Foto LKS Bidang Refrigeration and Air Conditioning

Hari Kedua Modul B

Foto LKS 2021



Hari Ketiga Modul C




0 Response to "LKS Tingkat Nasional; Bidang Refrigeration and Air Conditioning"

Posting Komentar

Berkomentar dengan sopan.

Featured post

Cara Membaca Kode Warna Resistor dengan Mudah featured

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel