Foto LKS SMK Bidang TPTU - Teknik Pendinginan dan Tata Udara

Foto LKS SMK Bidang TPTU

Salah satu event yang dapat diikuti oleh siswa SMK adalah Lomba Kompetensi Siswa atau LKS. Lomba Kompetensi Siswa SMK ini dapat diikuti oleh setiap siswa SMK yang lolos seleksi lomba. Seleksi lomba dimulai masing-masing sekolah untuk memilih siswa yang akan ikut lomba ke jenjang berikutnya.

Seleksi LKS dilakukan dari tingkat Kabupaten/Kota, berlanjut ke tingkat Provinsi, dan terakhir hingga tingkat nasional. Siswa yang terpilih akan saling berkompetisi di masing-masing level perlombaan.


LKS SMK Bidang TPTU


Demikian juga lomba kompetensi siswa (LKS) dilakukan siswa SMK program keahlian Teknik Pendingin dan Tata Udara (TPTU). 

Pada masa pandemi Covid-19, LKS tingkat nasional tahun 2020 dilakukan secara online (daring). Dengan segala keterbatasan dan kendala yang dihadapi oleh setiap peserta lomba, namun tidak mengurangi semangat para siswa untuk saling berkompetisi. Berikut ini adalah beberapa foto kegiatan LKS SMK Bidang Lomba Teknik pendingin dan Tata Udara.

Demikian juga pada tahun 2021 ini, LKS dilaksanakan secara daring. Jadi selain pengetahuan dan keterampilan, siswa juga dituntut untuk bisa menguasai IT atau teknologi internet. 


Deskripsi Lomba 

Nama Bidang Lomba adalah Teknik Pendingin dan Tata Udara/ Refrigeration and Air Conditioning. 

Teknisi Refrigeration and Air Conditioning harus mampu melakukan pekerjaan instalasi, komisioning, perawatan dan perbaikan sistem refrigeration dengan transfer panas yang berarti uap dan kompresi siklus refrigeration; memiliki pengetahuan yang cukup terkait dengan Good safety practice meliputi Keselamatan dan kesehatan Kerja, Komunikasi ditempat kerja, penggunaan peralatan ukur, penggantian komponen electrik dan mekanik, membersihkan unit indoor dan outdoor AC.


Materi lomba LKS TPTU (Daring) 

Materi LKS TPTU terdiri dari:

Soal praktek: digunakan untuk mengumpulkan informasi tingkat hardskills, health and safety serta attitude work dari peserta.

Strategic Knowledge : berupa soal kasus yang menuntut kompetitor untuk menyelesaikan secara analisis dengan mengkolaborasikan pengetahuan kognitif untuk menyelesaikan suatu kasus relevan yang diberikan dalam bentuk narasi yang memuat semua SOP dan proses yang lengkap dengan batasan waktu yang diberikan dan diawasi secara daring. Bertujuan untuk mengumpulkan aspek implementasi knowledge

Wawancara: wawancara dilakukan untuk memperkuat data penilaian, kemampuan komunikasi dan karena dilaksanakan secara langsung (live marking) dengan kriteria penilaian yang terukur bertujuan untuk mengumpulkan data knowledge, communication ability dan attitude


Foto LKS SMK bidang TPTU


LKS SMK Bidang TPTU

LKS SMK Bidang TPTU


LKS SMK Bidang TPTU

LKS SMK Bidang TPTU


Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url