-->

Memperbaiki Kulkas yang Rusak

Memperbaiki Kulkas yang Rusak

Kulkas atau lemari es merupakan salah satu peralatan listrik yang berfungsi sebagai pendingin untuk mengawetkan makanan. Dengan kondisi sekarang ini, masyarakat tak lepas dari penggunakan peralatan rumah tangga ini. Fungsi yang penting ini membuatnya sangat dibutuhkan dalam kehidupan masyarakat, baik di desa maupun di kota.

Kulkas bekerja selama terus menerus selama proses pendinginannya. Dengan kerjanya yang kontinyu tersebut, maka peluang untuk terjadi kerusakan akan semakin besar. Apalagi jika penggunaannya dengan beban pendinginan yang berlebihan.

Lalu bagaimana jika kulkas rusak? Apakah kulkas yang rusak harus diservis? Atau sebaiknya membeli baru utntuk mengganti kulkas yang rusak? Jangan bingung dulu. Kita akan bahas pada artikel kali ini.


Kulkas yang Rusak


Kulkas Rusak di Perbaiki atau Beli Baru?

Kulkas merupakan contoh peralatan rumah tangga dengan jangka waktu penggunaan yang lama. Bahkan produsen kulkan berani memberikan garansi gingga 5 tahun untuk produknya. Maka dapat dipastikan kemungkinan kerusakan pada kulkas juga akan sangat jarang.

Dengan pengoperasian yang sesuai dengan petunjuk pabrik, maka kemungkinan kulkas rusak akan lebih kecil. Namun bukan berarti kulkas tidak akan rusak sama sekali. Buktinya ada banyak jasa servis kulkas disekitar kita. Mereka menyediakan jasa perbaikan kulkas yang rusak.

Dengan menggunakan jasa servis kulkas, maka anda perlu mengeluarkan uang untuk biaya perbaikan kulkas rusak. Namun bagi yang memiliki dana lebih, mungkin berfikir untuk membeli baru, di mana kulkas yang sudah rusak kondisinya tidak akan bisa pulih secara total. Semuanya tergantung pilihan anda. Bagaimana, sudah menentukan pilihan?


Bagaimana Memperbaiki Kulkas yang Rusak

Sebenarnya, kerusakan pada kulkas dapat diatasi dengan melakukan servis. Perbaikan kerusakan dapat dilakukan jika kita mengetahui komponen kulkas yang mengalami kerusakan. Dan juga kita harus memiliki sedikit pengetahuan mengenai peralatan servis yang dibutuhkan.

Luangkan waktu untuk melakukan perbaikan pada komponen kulkas yang rusak. Jangan tergesa-gesa untuk langsung memutuskan untuk membeli kulkas yang bar. Jika anda mampu, gunakan keterampilan Anda untuk memperbaiki kulkas tersebut. Jika tidak mampu, gunakan jasa servis kulkas yang ada di sekitar tempat tinggal anda.

Lemari es, freezer atau showcase memiliki beberapa komponen utama. Kompresor, evaporator dan kondensor merupakan komponen utama pada kulkas. Selain itu juga bahan pendingin atau refrigran yang bersirkulasi dai dalam sistemnya.

Selain itu, kulkas juga mempunyai komponen-komponen tambahan. Misalnya, filter, pipa kapiler, dan beberapa komponen listrik seperti lampu, sakelar pintu, thermostat, kapasitor dan sebagainya. Untuk macam-macam komponen tersebut bisa and abaca pada artikel Komponen-Komponen pada Kulkas.

 

Mengosongkan Arus Kapasitor

Sebelum melakukan perbaikan pada kulkas yang rusak, pastikan anda sudah melepas sumber listrik pada kulkas. Jika kompresor kulkas Anda menggunakan kapasitor, maka anda juga perlu melakukan pengecekan pada kapasitor. Kapasitor kulkas biasanya berada di samping kompresor.

Memperbaiki Kulkas kapasitor yang Rusak


Kapasitor merupakan komponen yang berfungsi untuk menyipan arus. Bahkan setelah sumber listrik dimatikan, kapasitor masih menyimpan muatan arus listrik yang cukup besar. Sebelum melakukan pekerjaan kerusakan kulkas, sebaiknya Anda mengosongkan kapasitor. Jika tidak maka ada kemungkinan Anda bisa tersengat listrik.

Langkah pertama dalam mengosongkan capacitor adalah mencabut colokan dari stop kontak. Pastikan bahwa kulkas tidak terhubung dengan sumber listrik. Setelah itu cabut kapasitor kompresor kulkas. Kapasitor ada yang memiliki dua pin, atau tiga pin.

Cara mengosongkan muatan listrik di dalam kapasitor adalah dengan cara menghubungkan pin kapasitor ke pin kapasitor lainnya, dengan kata lain menshort (mengkonletkan). Hal ini dilakukan untuk membuang muatan listrik pada kapasitor, karena kapasitor memiliki sifat menyimpan listrik.


Melakukan Pemeriksaan Kabel Kelistrikan

Bagian kelistrikan pada lemari es biasanya terletak pada bagian atas unit. Untuk kelistrikan kompresor, motor, kipas kondensor, dan kondensor berada di bagian belakang bawah kulkas. Pengecekan kelistrikan pada bagian atas unit dilakukan dengan melepaskan baut/sekrup penutup yang terbuat dari plastik. Periksa, apakah ada kabel-kabel kulkas yang rusak.


Mengecek Kerapatan Pintu Kulkas

Pintu kulkas yang tidak tertutup dengan rapat dapat menyebabkan kulkas menjadi tidak dingin. Jika kulkas bekerja terus-menerus sepanjang hari, namun makanan atau minuman yang disimpan dinginnya kurang maksimal, maka hal ini dapat disebabkan pintu kulkas yang rusak.

Pintu kulkas yang rusak bisa karena karet pintu sudah tidak elastis. Bisa juga karena dudukan pintu kulkas mengalami kerusakan, misalnya keropos.

Memperbaiki karet pintu Kulkas yang Rusak


Karet pintu kulkas berguna sebagai pengunci udara didngin di dalam kulkas. Periksalah elastisitas dari karet pintu kulkas. Apakah gasket tersebut masih bisa diperbaiki, atau harus diganti. Artikel berikut menjelaskan tentang Cara Mengatasi Karet Pintu Kulkas yang Tidak Rapat. Penjelasan lebih detail silahkan dibuka link artikel tersebut.

Engsel pintu pada kulkas yang keropos dapat menyebabkan pintu bergeser atau tidak rapat. Periksa apakah pintu kulkas sejajar dengan body kulkas, atau miring. Apabila kendor, kencangkan engsel dengan obeng dan kunci. Jika engsel atau pintu kulkas keropos karena karat, anda bisa juga mengganti dengan engsel atau pintu yang baru.


Memeriksa Kompresor pada Kulkas

Kompresor kulkas merupakan komponen yang paling penting pada kulkas. Kompresor yang rusak sudah pasti akan membuat kulkas anda tidak bisa dingin. Kerusakan kompresor ada banyak macamnya. Misalnya, kompresor overload, kurang oli, panas, stuck (macet), dan lain-lain.

Komponen kulkas ada yang bisa dengan mudah anda ganti jika rusak. Namun ada juga yang membutuhkan pelayanan servis dari teknisi yang sudah professional. Beberapa diantaranya antara lain memperbaiki kompresor yang rusak.


Memperbaiki Evaporator Kulkas yang Bocor

Evaporator kulkas yang rusak diantaranya terjadi kebocoran pada plat (pipa) evaporator. Evaporator dapat rusak karena tertusuk benda-benda tajam semisal pisau atau garpu. Biasanya terjadi saat kita hendak mengambil es yang menempel pada evaporator.

Memperbaiki Evaporator Kulkas yang Rusak


Karena sulit biasanya kita menggunakan pisau, obeng atau benda lainnya untuk mencongkel dang mengeluarkan es dari evaporator. Evaporator yang bocor menyebabkan refrigeran akan habis, sehingga kulkas menjadi tidak dingin. Anda bisa membaca artikel kami berikut ini yang membahas mengenai CaraMemperbaiki Evaporator yang Bocor.


Cek Overload Kulkas yang Rusak

Overload protector merupakan komponen kelistrikan yang fungsinya untuk mencegah terjadinya arus atau beban yang berlebihan pada kompresor. Kerja kompresor yang terlalu berat akan mengakibatkan suhu kompresor meningkat.

Pada kondisi normal saja, suhu kompresor cukup panas. Anda bisa memeriksa suhu kompresor dengan menggunakan thermometer gun. Jika kulkas bekerja dengan beban yang berlebih, maka suhu kompresor dapat meningkat lebih tinggi lagi.

Jika hal ini terjadi atanpa ada komponen overload protector, maka lilitan di dalam kompresor dapat terbakar akibat panas yang berlebih. Untuk mengecek overload kulkas yang rusak anda bisa menyimak artikel berikut ini yang berjudul Overload Kulkas.


Itulah beberapa cara memperbaiki kulkas yang rusak. Jika kerusakannya masih bisa anda tangani sendiri, maka tidak perlu langsung membawanya ke tempat servis. Cobalah untuk memperbaikinya sendiri. Namun apabila anda kurang yakin, serahkan saja masalah tersebut pada teknisi kulkas yang lebih kompeten di bidangnya. Bawa kulkas yang rusak tersebut ke tempat servis, atau bisa memanggil jasa servis kulkas. Semoga artikel ini bermanfaat.

0 Response to "Memperbaiki Kulkas yang Rusak"

Posting Komentar

Berkomentar dengan sopan.

Featured post

Pengelolaan Sampah di Indonesia featured

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel