Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Memperbaiki Freezer Kulkas Tertusuk Benda Tajam

Freezer Kulkas Tertusuk Pisau

Salah satu kerusakan yang sering diterima oleh teknisi servis kulkas adalah freezer kulkas yang bocor. Kejadian freezer atau evaporator kulkas yang bocor banyak dikarenakan kesalahan pemilik dalam perlakuan terhadap kulkas.

Kasus yang sering terjadi adalah freezer atau evap tertusuk pisau, garpu, obeng, atau benda tajam lainnya. Es batu yang lengket ke permukaan freezer membuat orang kesulitan untuk mengambilnya.

Maka kebanyakan orang berharap akan mudah mencongkel es batu dengan menggunakan bantuan benda-benda tajam sepertu pisau atau garpu. Dan yang terjadi adalah freezer tertusuk benda tajam dan bocor.


Apa yang terjadi jika freezer tertusuk pisau?

Jika freezer kulkas anda tertusuk pisau, hal yang terjadi seketika itu adalah muncul gas bertekanan dari bagian freezer yang bocor disertai dengan bunyi kebocoran gas.

Gas tersebut adalah bahan pendingin kulkas atau biasa disebut Freon. Kebocoran Freon akan menimbulkan sedikit bau menyengat. Itu adalah bau yang berasal dari Freon kulkas.


Apa yang harus dilakukan?

  1. Matikan kulkas dengan mencabut colokan listriknya. Ini untuk menghentikan kerja kompresor kulkas.
  2. Keluarkan bahan makanan yang ada di dalam freezer. Jika anda meletakkan makanan atau minuman di dalam freezer, keluarkanlah bahan makanan tersebut dari dalam freezer.
  3. Tunggu beberapa saat, dan bersihkan sisa es atau air yang ada di dalam freezer.
  4. Jangan hidupkan kulkas anda. Karena walaupun dihidupkan, kulkas tidak akan bisa menjadi dingin. Selain itu, ada resiko air akan masuk ke sistem kulkas melalui lubang kebocoran di freezer.


Cara memperbaiki freezer yang bocor tertusuk pisau

Lalu bagaiman cara memperbaiki kebocoran freezer tersebut agar kulkas bisa menjadi dingin kembali? Ada beberapa solusi yang bisa kita ambil untuk mengatasi masalah freezer kulkas yang bocor.

Mengganti Evaporator Baru

Jika kerusakan evaporator sangat parah, maka mengganti dengan evaporator yang baru adalah hal yang dianjurkan. Kerusakan parah seperti lubang kebocoran cukup besar, evaporator bolong hingga tembus ke sisi belakang, atau robek memanjang di jalur refrigeran akan sulit untuk ditambal.

Kalaupun bisa ditambal, akan sulit untuk dikerjakan. Selain itu resiko bocor kembali pada bagian yang ditambal dapat saja terjadi dikemudian hari.

Disarankan untuk mengganti evap yang baru. Memang harganya cukup mahal untuk mengganti komponen dan jasa servisnya. Namun jika anda bisa mengerjakan sendiri, akan lebih murah biaya yang mesti dikeluarkan.

Menambal Evaporator Kulkas

Evaporator yang bocor tertusuk benda tajam masih bisa diperbaiki dengan cara ditambal. Bocor ya…, bukan bolong atau jebol he..he.. Bocor evap yang masih bisa ditambal adalah yang kerusakannya tidak parah seperti dijelaskan di atas.


Bagaimana cara menambal evaporator kulkas?

Langkah dalam menambal evaporator kulkas adalah sebagai berikut:

  1. Lakukan cek kebocoran permukaan freezer untuk mencari titik kebocoran. Gunakan busa air sabun untuk mencari letak titi kebocoran. Selangkapnya bisa baca artikel berikut ini Cara Cek Kebocoran Kulkas
  2. Lakukan pengamplasan bagian yang bocor. Pengamplasan bertujuan untuk menghilangkan cat yang melapisi evaporator freezer kulkas.
  3. Bersihkan dan keringkan bagian yang akan ditambal.
  4. Cara penambalan ada bebrapa cara yang bisa dipilih:

Menambal Freezer dengan Las Aluplatinum

Peralatan yang dibutuhkan adalah kawat aluplatinum dan brander las (Hi-Cook). Panasi bagian yang akan ditambal hingga cukup panas. Hati-hati jangan sampai evap meleleh karena terlalu panas.

Setelah itu tambahkan bahan kawat aluplatinum hingga menutup bagian yang bocor dengan sempurna. Baca selengkapnya di Cara Menambal Kulkas Bocor dengan Las Aluplatinum


Menambal Freezer dengan Lem Hijau

Lem hijau atau Laco Stick adalah lem khusus yang sering dipakai teknisi untuk menambal evap atau freezer yang bocor. Bentuknya seperti crayon berwana hijau.

Cara penggunaannya adalah, panasi bagian evap yang akan ditambal. Jika sudah cukup panas, oleskan batang lem hijau pada bagian yang bocor. Oleskan dengan cepat dan rata. Hindari lem masuk ke lubang dan menyumbat saluran evaporator. Biarkan lem mengering hingga beberapa saat.


Menambal Freezer dengan Lem Dextone

Lem ini dikenal juga dengan sebutan lem Epoxy atau plastic steel. Merupakan jenis lem campur. Campurkan lem putih dan hitam dengan perbandingan 1:1. Oleskan campuran lem tadi ke bagian evap yang bocor.

Tunggu hingga lem benar-benar kering. Untuk memasatikan lem kering dengan sempurna, diamkan hingga sehari semalam.

Setelah bagian freezer yang bocor ditambal baik menggunakan las aluplatinum, lem hijau atau dextone, maka kulkas perlu di vakum dan diisi refrigerant (Freon) kembali.

Demikianlah cara mengatasi freezer kulkas yang bocor tertusuk benda tajam. Oleh karena itu, untuk menghindari freezer tertusuk benda tajam, jangan gunakan benda-benda tajam saat menccongkel es batu. 

Semoga artikel ini bermanfaat. Terimakasih atas kunjungan anda. 

 

 

Posting Komentar untuk "Cara Memperbaiki Freezer Kulkas Tertusuk Benda Tajam"