-->

Selang Nylon atau Selang Tes AC

Selang Nylon atau Selang Tes AC


Instalasi pemipaan pada sistem AC berfungsi untuk mengalirkan refrigerant di dalam sistem. Refrigeran adalah bahan pendingin yang berfungsi sebagai penukar kalor, sehingga udara yang dikeluarkan oleh AC menjadi dingin.

Pada umumnya pemipaan pada AC menggunakan pipa tembaga atau copper tube. Namun pada beberapa jenis AC ada yang menggunakan jenis pipa yang lain. Pemilihan dan penggunaan pipa pada sistem tata udara menyesuaikan dengan kondisi sistem. Misalnya pada AC Split biasa digunakan pipa tembaga. Pada AC mobil biasanya menggunakan pipa aluminium dan pipa fleksibel.

Selang Nylon atau Selang Tes AC



Selang Nylon hitam


Ada lagi satu jenis pipa yang sering digunakan pada sistem air conditioning (AC), yaitu selang nylon atau biasa disebut teknisi dengan selang tes AC, karena biasa digunakan untuk mengetes AC.

Selang atau pipa nylon memiliki sifat sangat fleksibel (Flexible) dan tidak mudh patah. Selang nilon AC biasa dipergunakan pada AC standing floor (Stand floor air conditioning). Biasanya AC standing floor di pakai atau disewakan pada acara-acar tertentu. Karena AC standing floor bersifat portable, atau dipindah-pindah, maka diperlukan instalasi pemipaan yang fleksibel. Maka digunakanlah selang/pipa nylon.


Jenis Selang Nylon Fleksibel untuk Tes AC


Ada dua jenis selang nilon yang banyak digunakan untuk sistem pendingin AC. Pertama selang nylon hitam. Kedua, selang nylon putih (bening). Kemampuan menahan tekanan hingga 225psi. Selang nilon tersedia dalam ukuran ¼” dan 3/8”, yaitu ukuran yang umum untuk AC. Terkadang selang ini juga dilengkapi dengan armaflex, atau vynil foam (busa pelindung).

tekanan selang Nylon fleksibel


Kelebihan Pipa Selang Nylon AC

Bersifat fleksibel

Bahan yang terbuat dari serat nylon membuat selang AC ini fleksibel. Dapat digulung dan digunakan kembali.

Mudah digunakan

Selang nilon AC ini juga mudah dalam penggunaanya. Pada penjualannya biasanya sudah terpasang fitting pada ujung selang. Mudah digulung, sehingga cocok untuk rental AC stand floor.

Mudah dalam pemasangan

Karena dilengkapi dengan fitting pada ujungnya, selang nylon ini mudah digunakan. Tinggal pasang dan kencangkan fitting pada saluran kompresor.

Dapat digunakan berulang kali

Kandungan karet sintetis dalam selang ini mencapai 40%, sehingga bersifat lentur dan fleksibel. Tidak mudah patang, sehingga cukup awet untuk digunakan untuk waktu yang lama.
 

Lebih murah

Jika dibandingkan dengan penggunaan pipa tembaga, maka pipa pleksibel akan lebih murah dari segi fungsinya.


Demikianlah sedikit informasi mengenai selang nylon atau selang tes AC. Semoga bermanfaat untuk pembaca. Silahkan bantu share... Terimakasih.

0 Response to "Selang Nylon atau Selang Tes AC"

Posting Komentar

Berkomentar dengan sopan.

Featured post

Cara Membaca Kode Warna Resistor dengan Mudah featured

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel