Tips Memilih Water Heater yang Sesuai Kebutuhan

Daftar Isi

Tips Memilih Water Heater yang Sesuai Kebutuhan

Dengan browsing di internet, kita bisa menemukan banyak rekomendasi water heater terbaik dengan harga yang bervariasi. Tapi, water heater manakah yang paling cocok untuk rumah kita?

Water heater sendiri jenisnya ada banyak. Tidak semua rumah cocok dengan jenis water heater umum yang sering ditawarkan oleh sales di mall-mall ataupun secara online.

Oleh karena itu agar tidak salah pilih, berikut ini kita akan pelajari beberapa tips memilih water heater yang sesuai kebutuhan di rumah.



tips-memilih-water-heater-yang-sesuai-kebutuhan


1. Cari Tahu Sumber Tenaga Water Heater

Water heater yang dijual di Indonesia bisa dinyalakan dari dua sumber tenaga, yaitu:

  • Listrik
  • Gas

Perbedaan water heater listrik dan gas tentu sudah tidak perlu dijelaskan lagi. Tapi pertanyaannya, mana yang lebih baik di antara kedua pilihan ini?

Cara yang paling mudah untuk menentukan apakah rumah Anda cocok menggunakan water heater listrik atau gas adalah dengan melihat kondisi sehari-hari.

Beberapa rumah ada yang sering mati lampu, sehingga lebih cocok menggunakan water heater gas. Tapi, ada juga rumah yang posisinya di komplek dan jauh dari penjual gas, jadi lebih cocok bila menggunakan water heater listrik.

Selain itu, kita juga bisa pertimbangkan berdasarkan jenis kompor yang kita pakai. Jika di rumah kita sudah pakai kompor listrik, maka pilihlah water heater listrik juga agar tidak perlu beli tabung gas lagi.

Khusus untuk water heater tenaga listrik, pastikan juga watt atau daya listrik kita cukup untuk menyalakan pemanas air tersebut.


2. Pertimbangkan Jumlah Kamar Mandi

Jumlah kamar mandi yang bisa dijangkau oleh water heater juga bervariasi. Ada water heater untuk 3 kamar mandi, ada pula yang hanya cukup untuk satu kamar mandi saja.

Satu hal yang perlu dipertimbangkan bila menggunakan water heater untuk lebih dari satu kamar mandi adalah tekanan airnya. Bila tekanan air di rumah tidak begitu kencang, maka water heater tidak akan bisa menyala secara bersamaan.

Sedangkan dengan memasang satu water heater di setiap kamar mandi, kita bisa menyalakan semuanya secara bersamaan tanpa harus rebutan gas dan air.


3. Pastikan Pilih yang Bergaransi

memilih-water-heater-di-rumah

Walaupun rata-rata water heater terbaik dan hemat listrik sudah dilengkapi dengan berbagai macam pengaman agar tidak cepat rusak, kita tetap perlu mempertimbangkan aspek garansi ketika membeli alat pemanas air ini.

Sebab, water heater akan menjadi elemen yang sangat penting dalam rumah kita. Jadi bila rusak, kita tidak akan dipaksa membayar biaya reparasi yang mahal. Dengan adanya garansi saat pembelian, maka kita tidak perlu khawatir bila suatu saat water heater di rumah kita mengalami gangguan.


4. Cek Kontrol dalam Water Heater

Yang terakhir, lihat kontrol apa saja yang bisa kita atur dalam water heater tersebut. Beberapa jenis pemanas air hanya memiliki kontrol suhu saja. Sehingga kita tidak bisa mengatur tekanan air yang keluar.

Selain itu, beberapa water heater modern juga ada yang dilengkapi dengan timer, indikator suhu, dan fitur-fitur lainnya yang bisa mempermudah kehidupan kita.

Jadi jika Anda adalah seorang pekerja kantoran atau anak sekolah yang harus berangkat kerja dan sekolah setiap pagi, pastikan pilih water heater dengan proses pemanasan yang paling mudah, kontrol paling fleksibel, dan membutuhkan waktu paling sedikit untuk mengisi bak mandi kita.


Itulah kumpulan tips memilih water heater sesuai kebutuhan di rumah. Semoga artikel ini bisa membantu Anda ketika ingin memasang pemanas air di rumah untuk pertama kalinya.


Posting Komentar