“Resep” Untung Investasi Bulanan di Reksadana Pasar Uang

“Resep” Untung Investasi Bulanan di Reksadana Pasar Uang

Investasi Bulanan di Reksadana Pasar Uang


Dengan semakin banyaknya instrumen investasi saat ini, membuat semakin banyak pula orang yang tertarik untuk berinvestasi. Salah satu jenis investasi yang diminati banyak orang adalah Reksadana Pasar Uang

Namun sebelum Anda memutuskan untuk berinvestasi pada instrumen investasi satu ini, pastikan untuk mengetahui lebih dalam mengenai pengertian serta kelebihannya jika dibandingkan dengan instrumen investasi lain.

Apa Itu Reksadana Pasar Uang?

Bagi Anda yang tertarik untuk berinvestasi Reksadana di Pasar Uang, ada baiknya Anda mengetahui terlebih dahulu mengenai pengertian dari produk investasi tersebut. 

Reksadana Pasar Uang adalah jenis investasi dimana dana investasinya akan diinvestasikan oleh Manajer Investasi ke dalam instrumen-instrumen Pasar Uang dengan jatuh tempo kurang dari satu tahun. 

Instrumen yang dimaksud seperti Deposito, Sertifikat Utang Negara (SUN), Sertifikat Bank Indonesia (SBI), Obligasi dan sejenisnya. Jenis investasi ini tentu memiliki kelebihannya tersendiri, ingin mengetahuinya lebih dalam? Simak ulasan lengkapnya di bawah ini.

Kelebihan Investasi di Pasar Uang

Jika dibandingkan dengan jenis investasi lain, terdapat 5 keuntungan atau kelebihan dari investasi satu ini, yaitu:

Memiliki Tingkat Risiko yang Rendah

Setiap investor tentu ingin meraih keuntungan finansial yang maksimal saat berinvestasi. Maka tak heran jika setiap investor perlu lebih cermat dalam menilai tingkat risiko investasi. 

Jika melirik pada hal ini, investasi di Pasar Uang termasuk instrumen investasi yang memiliki tingkat risiko yang rendah jika dibandingkan dengan instrumen investasi lain. 

Untuk pengelolaannya sendiri, biasanya Manajer Investasi akan menggunakan surat utang jangka pendek dan Deposito sebagai pilihan investasi. 

Hal ini karena investasi tersebut tingkat fluktuasinya tergolong stabil dan memungkinkan investor mendapatkan keuntungan, sekalipun pasar saham dalam kondisi bergejolak.

Likuiditas yang Tinggi

Kelebihan lainnya dari jenis investasi ini adalah likuiditasnya yang tinggi. Hal ini tentu akan sangat membantu Anda pada saat kondisi ekonomi sedang tidak menentu. Anda dapat mencairkan dana investasi kapan pun ketika Anda membutuhkannya.

Keuntungan yang Menarik

Setiap keuntungan yang akan didapatkan dari setiap jenis investasi tentu akan diperhitungkan terlebih dahulu oleh setiap investor. Termasuk investasi di Pasar Uang. 

Kabar baik untuk para investor adalah, investasi di Pasar Uang merupakan investasi dengan stabilitas yang tinggi. Rata-rata tingkat pengembalian keuntungan pada investasi jenis ini sekitar 4-7% per tahun.

Jika Anda menginginkan potensi tingkat pengembalian keuntungan yang menarik, Anda dapat mencoba investasi di Pasar Uang. 

Jangka Waktu Investasi yang Fleksibel

Anda dapat berinvestasi di Pasar Uang dengan jangka waktu yang fleksibel, dalam artian Anda dapat memilih investasi dalam jangka pendek maupun jangka panjang. 

Tak sampai disitu saja, Anda juga dapat menarik dana investasi kapan pun. Hal tersebut tidak akan berpengaruh pada besaran modal yang disetorkan. 

Namun perlu Anda ingat bahwa semakin lama jangka waktu investasinya, semakin besar pula kemungkinan keuntungannya. 

Bebas dari Pajak

Investasi jenis ini tidak membebankan pajak atas modal yang disetor. Hal ini tentu akan menguntungkan Anda sebagai investor.


Investasi Bulanan di Reksadana

Tips Pilih Investasi Menguntungkan di Pasar Uang

Agar Anda bisa mendapatkan keuntungan maksimal bulanan dari investasi Pasar Uang, berikut ini beberapa tips yang perlu Anda perhatikan:

1. Tentukan Tujuan Investasi

Hal pertama yang perlu dilakukan adalah menentukan tujuan Anda berinvestasi. Jika Anda mencari jenis investasi untuk tujuan jangka pendek, investasi di Pasar Uang tentu menjadi pilihan yang tepat

2. Pelajari Prospektus dengan Detail

Agar keuntungan yang Anda dapatkan bisa lebih maksimal, cobalah untuk mempelajari dan menganalisis prospektus agar mengetahui lebih jelas tentang potensi keuntungan kedepannya termasuk biaya yang akan dibebankan nantinya.

3. Pilih Manajer Investasi yang Tepat

Pastikan untuk memilih Manajer Investasi yang terpercaya, memiliki kinerja yang baik dan juga terbuka tentunya akan mengelola dana investasi dengan tepat dan akurat sehingga Anda bisa mendapatkan keuntungan yang maksimal.

4. Pastikan Jumlah Dana Kelolaan

Penting juga bagi Anda untuk mengetahui jumlah dana kelolaan jika hendak memilih investasi di Pasar Uang. Hal ini juga akan digunakan untuk memprediksi perkembangan keuntungan selama investasi tersebut berlangsung.

Tak sampai disitu saja, nilai komposisi investasi pun tidak boleh Anda lewatkan. Hal ini karena beberapa Reksadana terkadang melewati batas komposisinya, sekalipun tidak banyak.

 

Mari Berinvestasi Reksadana Bersama DBS Treasures

Setelah mengetahui kelebihan dari Reksadana Pasar Uang, Anda tidak perlu ragu lagi untuk berinvestasi, karena perbankan prioritas DBS Treasures siap menjadi mitra manajemen kekayaan Anda. Berikut adalah beberapa kelebihan yang ditawarkan:

Investasi Dikelola oleh Manajer Investasi

Dana yang diinvestasikan akan langsung dikelola oleh Manajer Investasi profesional dan terpercaya. Dana investasi bisa dioptimalkan berkat keterampilan Manajer Investasi yang bermitra dengan DBS Treasures. 

Didukung Wawasan Investasi

Anda akan mendapatkan dukungan dari tim ahli finansial yang andal dan bisa dipercaya. Tim ahli ini akan memberikan analisis pasar terbaru secara proaktif. 

Diversifikasi Lebih Mudah

Reksadana Pasar Uang adalah aset investasi yang bisa diandalkan namun tidak ada salahnya untuk melakukan diversifikasi. Melalui DBS Treasures, Anda bisa melakukan diversifikasi investasi lebih mudah demi menurunkan risiko. 

Transaksi Lewat Satu Aplikasi

Nikmati praktisnya transaksi lewat Aplikasi digibank by DBS untuk registrasi SID (Single Investor Identification). Anda juga bisa melakukan jual, beli, maupun switching Reksadana. Anda pun akan dihubungkan dengan berbagai pilihan Reksadana dari Manajer Investasi atau sesuai kategorinya. 

Anda akan didukung analisis pasar terkurasi dari tim ahli finansial yang akan mengomunikasikannya. Dapatkan peluang terkini yang sudah disesuaikan dengan profil risiko dan kebutuhan portfolio Anda, dimotori Artificial Intelligence/Machine Learning (AI-ML). 

Insight tersebut dilengkapi solusi terkurasi terkait investasi (Grow) dan asuransi (Protect), sehingga Anda dapat cepat dan yakin berinvestasi melalui media sesuai preferensi. 

Dapatkan potensi keuntungan maksimal dengan investasi Reksadana Pasar Uang bersama DBS Treasures. Temukan informasi lebih lengkap disini dan segera dapatkan berbagai keuntungan investasi lainnya. 

 

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url