Cara Memasang Indoor AC Split

Cara Memasang Indoor AC Split

Air conditioning (AC) split menjadi salah satu solusi yang populer untuk menjaga kesejukan ruangan. Pemasangan unit indoor AC split memerlukan keahlian khusus agar dapat berfungsi dengan optimal. Dalam artikel ini, kita akan membahas secara rinci mengenai langkah-langkah pemasangan unit indoor AC split, alat dan bahan yang dibutuhkan, serta pekerjaan finishing yang perlu diperhatikan.
Pemasangan AC split terdiri dari dua unit utama, yaitu unit indoor dan outdoor. Unit indoor terletak di dalam ruangan yang akan didinginkan, sedangkan unit outdoor ditempatkan di luar ruangan untuk pembuangan panas. Fokus pembahasan kita pada artikel kali ini adalah pada pemasangan unit indoor.

Pemasangan AC harus presisi, kuat dan rapih. Pemasangan yang tidak memenuhi syarat akan berdampak buruk pada AC anda. Misalnya, indoor akan tampak miring. Dapat menimbulkan suara atau getaran yang mengganggu. Pemasangan yang tidak kokoh, bisa berakibat unit AC terlepas dari bracket penggantung.

Pemasangan Unit Indoor AC

Sebelum memulai pemasangan, pastikan bahwa lokasi pemasangan unit indoor sudah ditentukan dengan tepat. Pilih tempat yang strategis ini diperlukan agar udara yang dihasilkan dapat merata di seluruh ruangan. Pastikan juga bahwa dinding atau struktur tempat pemasangan mampu menopang bobot unit indoor AC.

Dinding dimana unit indoor AC akan dipasang akan menentukan kebutuhan alat dan bahan yang akan digunakan dalam pemasangan bracket indoor. Apakah dinding bata, batako, kayu, hebel atau dinding yang lain. Media pemasangan yang berbeda memerlukan kebutuhan alat dan bahan yang berbeda, agar unit indoor dapat terpasang dengan kuat. Jangan sampai suatu saat unit indoor AC jatuh akibat dari pemasangan yang tidak tepat.

Alat dan Bahan

Sebelum memulai pemasangan, pastikan untuk menyiapkan alat dan bahan yang diperlukan. Beberapa peralatan umum yang diperlukan meliputi:

  • Bor listrik
  • Mata bor hollow
  • Obeng
  • Dinabolt/sekrup/paku beton
  • Waterpass
  • Braket indoor AC

Langkah-langkah Pemasangan Indoor

a. Penentuan Posisi Indoor

  • Tentukan posisi pemasangan yang sesuai dengan panduan dari produsen AC.
  • Bersihkan area pemasangan dari debu dan kotoran.
  • Tandai titik-titik pemasangan bracket yang sudah ditentukan.

b. Membuat lubang pipa

menentukan jarak lubang pipa AC

Pasangkan bracket pada unit indoor, dan ukur jarak lubang untuk pemipaan.

mengukur lubang pipa AC split

Buat lubang pemipaan pada dinding dengan menggunakan bor hollow. Pastikan lubang cukup besar untuk dimasuki pipa tembaga, pipa pembuangan air, dan kabel listrik.

c. Pemasangan Unit Indoor

Tempelkan unit indoor pada braket indoor AC dengan hati-hati. Pastikan unit terpasang secara aman dan sejajar. Gunakan waterpass agar pemasangan rata/sejajar. Pastikan jarak lubang pipa AC sudah tepat.

memasang indoor AC split dengan waterpass

d. Pemasangan Kabel Listrik

Sambungkan kabel listrik ke terminal indoor AC split. Pastikan semua koneksi aman dan terisolasi dengan baik.

cara memasang kabel indoor AC split

e. Penyambungan Pipa

Setelah itu pasang unit indoor pada dinding. Kemudian hubungkan pipa AC dengan unit outdoor melalui lubang yang telah disiapkan. Sambungan nepel harus terpasang dengan kuat. Lakukan pengujian untuk memastikan tidak ada kebocoran dalam penyambungan pipa AC. Gunakan duct tape untuk menghindari kebocoran dan kondensasi.

cara memasang pipa indoor AC split

Pekerjaan Finishing

Setelah tidak ada kebocoran dan pipa tersambung dengan baik, lakukan finishing pemasangan. Pekerjaan finishing perlu dilakukan untuk memberikan tampilan yang rapi dan estetis. Beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam pekerjaan finishing meliputi:

  • Menutup kembali dinding dengan rapi dengan dempul (wall putty).
  • Melakukan pengecatan jika diperlukan.
  • Menyembunyikan kabel-kabel listrik agar tidak terlihat.
  • Memastikan seluruh area sekitar unit indoor terlihat bersih dan teratur.

Kesimpulan

Pemasangan unit indoor AC split memang memerlukan perhatian khusus dan keahlian teknis. Dengan mengikuti langkah-langkah di atas dan menggunakan alat serta bahan yang tepat, Anda dapat memastikan bahwa AC split berfungsi optimal dan memberikan kenyamanan dalam ruangan. Jika Anda merasa kesulitan atau tidak yakin, sebaiknya menggunakan jasa profesional untuk memastikan pemasangan AC dilakukan dengan benar. Dengan begitu, Anda dapat menikmati udara sejuk tanpa khawatir tentang proses pemasangannya.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url