Alat Pembengkok Pipa (Tube Bender)

Alat Pembengkok Pipa (Tube Bender) - Bending adalah proses untuk membengkokkan pipa dengan menggunakan tube bender agar diperoleh hasil bengkokkan yang tepat dan rapi. Pemakaian tube bender dilakukan untuk menghindari pipa menjadi gepeng atau rusak pada saat pipa dibengkokkan.

Alat pembengkok pipa ada dua macam:
  1. Dengan rol dan tuas (Lever type tube bender)
  2. Dengan pegas (Spring type tube bender)

Pembengkok pipa dengan rol dan tuas

Alat pembengkok pipa ini bentuknya ringan, tetapi kuat dan sangat mudah dipakai. Alat pembengkok type ini dapat membuat bengkokan pipa dengan radius tertentu sesuai dengan diameter dari rol. Dan dapat membengkok pipa tepat pada tempatnya, serta dapat membuat sudut bengkokan dengan akurat dengan hasil bengkokan sangat baik. 

Tube bender dapat membengkokan pipa dari 0o-180o. Juga pada pipa yang salah satu ujungnya telah disambung. Lever type tube bender dapat diselipkan pada bagian yang akan dibengkok, lalu pipa tersebut dibengkokkan. 

Setelah pipa menjadi bengkok, alat tersebut dapat dilepaskan kembali dari pipa.
Alat pembengkok pipa pada gambar (a) hanya dapat membengkokan satu macam ukuran pipa saja, sedangkan alat pembengkok pipa kecil pada gambar (b) memiliki 3 atau 4 rol yang disatukan. Dapat untuk membengkok pipa untuk berbagai ukuran diameter pipa, untuk pipa 3/16”, ¼”, 5/16’ dan 3/8”.


lever type tube bender
Lever Type Tube Bender

Untuk membengkokkan pipa tembaga lunak. Pipa 3/16 dan ¼ inci dapat dibengkok dengan tangan tanpa memakai alat, tetapi dengan memakai alat pembengkok pipa akan diperoleh hasil bengkokan yang tepat dan rapi. Alat pembengkok pipa juga dapat menghindarkan pipa menjadi gepeng atau rusak.

Membengkok pipa walaupun sangat mudah kelihatannya, tetapi kita harus banyak latihan sampai berpengalaman. Pipa yang dibengkokkan pada tempat bengkokan jangan sampai mengecil diameternya atau menjadi rusak. 

Membengkok pipa harus mempunyai radius bengkokan minimum R = 5 kali diameter pipa. Pipa tembaga setelah dikerjakan atau dibengkokkan, sifatnya menjadi makin keras. Sebelum pipa dibengkokkan kita harus menentukan bagian pipa yang akan dibengkok dan arah kemana pipa akan dibengkokkan. Jika kita salah membengkok pipa, lalu hendak diluruskan kembali, sebaiknya pipa tersebut dipanasi dahulu sampai menjadi lunak kembali.

Pembengkok pipa dengan pegas

Alat pembengkok pipa tipe spring adalah suatu alat pembengkok pipa yang paling sederhana dan murah harganya. Pembengkok pipa dengan pegas ada dua macam: lilitan pegas di dalam dan lilitan pegas di luar. 

  1. Lilitan pegas di dalam (inside spring). Jenis ini hanya dapat dipakai untuk membengkokkan ujung pipa. 
  2. Lilitan pegas di luar (outside spring). Jenis ini dapat dipakai untuk membengkokkan semua bagian dari pipa, bagian tengah dan ujungnya. Lilitan pegas di luar lebih umum dan lebih banyak dipakai. 
Lilitan pegas mempunyai bermacam-macam ukuran mulai dari ¼ sampai ¾ inci. Lilitan pegas di luar ¼ inci dapat dipakai sebagai lilitan pegas di dalam untuk membengkok pipa tembaga lunak ½ inci.


spring tube bender
  Spring Type Tube Bender

Setelah pipa dimasukkan dalam pegas dan dibengkokkan bersama-sama, maka melepasnya pegas dari pipa menjadi sangat sukar. Untuk memudahkan melepas pegas dari pipa setelah dibengkokkan dapat diusahakan sebagai berikut.

Sebelumnya permukaan pipa dilumasi dengan minyak, lalu kita membengkokkan pipa dan pegas sedikit lebih dari yang kita kehendaki, kemudian pipa dibengkokkan kembali sedikit. Pegas akan menjadi sedikit lebih longgar dari pipa. Melepasnya diputar agar diameternya mengecil dan untuk pegas di luar diputar agar diameternya membesar, sambil ditarik perlahan-lahan.

Itulah pembahasan dari www.dinginaja.com mengenai Alat Pembengkok Pipa (Tube Bender). Semoga artikel tersebut bermanfaat bagi pembaca. Terima kasih atas kunjungan anda di blog ini. Nantikan artikel-artikel lainnya di www.dinginaja.com.

0 Response to "Alat Pembengkok Pipa (Tube Bender)"

Post a Comment

Featured post

Cara Mudah Membuat Absen Online untuk Pembelajaran featured

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel