-->

Menghitung Luas Ruangan Berdasarkan Skala

  Menghitung Luas Ruangan Berdasarkan Skala- Pada artikel terdahulu kita sudah membahas mengenai apa itu skala, dan macam-macam skala gambar yang biasa digunakan dalam menggambar. Seperti kita ketahui, skala gambar adalah perbandingan antara jarak pada gambar dengan jarak sebenarnya. 

Menghitung skala Ruangan

Nah, pada kali ini DinginAja.com akan membahas lebih lanjut mengenai Menghitung Luas Ruangan Berdasarkan Skala. Dibawah ini terdapat contoh sebuah gambar denah rumah. Misalkan, pada gambar ditulis skala 1:100 artinya setiap 1cm pada gambar mewakili 100cm pada jarak sebenarnya atau setiap 1cm mewakili 1 meter pada jarak sebenarnya.

Rumus Skala gambar teknik

cara menghitung skala ruang
Gambar Denah Rumah


Agar kalian lebih mudah dalam memahami bagaimana Menghitung Luas Ruangan Berdasarkan Skala, perhatikan contoh latihan soal berikut ini. Dan untuk melatih keterampilan berhitung kalian, kerjakanlah tugas yang ada di akhir artikel ini.

Latihan Soal:

Lihat gambar denah rumah di atas. Pada denah tertulis skala 1 : 100. Jika panjang ruang tamu pada gambar 3,5cm, berapakah panjang ruang sebenarnya?

Jawab :

Panjang sebenarnya   = 3,5 x 100cm
                                  = 350cm
                                  = 3,5m
Jadi panjang ruang tamu sebenarnya adalah 3,5 meter.


TUGAS:

Dari gambar di atas hitunglah:
a.    Luas Teras Depan
b.    Luas Kamar Tidur
c.    Luas Ruang Nonton
d.    Luas Rumah (keseluruhan)

Demikianlah materi kita mengenai Menghitung Luas Ruangan Berdasarkan Skala. Simak terus materi dari www.dinginaja.com selanjutnya. Silahkan share artikel ini agar orang lain mendapatkan manfaat darinya. Tetap semangat dalam belajar demi kesuksesan kalian.

0 Response to "Menghitung Luas Ruangan Berdasarkan Skala"

Post a Comment

Featured post

Logo SMK Muhammadiyah 3 Metro featured

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel