Keselamatan Kerja Dalam Pekerjaan Welding

Keselamatan Kerja Dalam Pekerjaan Welding - Pekerjaan welding atau pengelasan melibatkan gas yang mudah terbakar, logam yang sangat panas, dan faktor lain, yang mana diperlukan pengkajian/pemahaman tentang aturan dasar keselamatan kerja. Oleh karenanya hal yang berbahaya bagi seseorang harus kita hindari. 

Kecelakaan kerja dapat menimbulkan kerugian bagi pekerja dan kerusakan pada peralatan. Disamping itu keselamatan kerja harus dijalankan agar supaya tidak mencelakaan orang lain. Untuk itu harus diperhatikan hal-hal yang terkait dengan keselamatan kerja dalam pekerjaan welding agar kita terhindar dari bahaya.


Prosedur keselamatan kerja dalam pekerjaan welding adalah:



1. Gunakan kacamata las untuk melindungi mata dari percikan dan api las

2. Nyalakan mulut brander menggunakan penyulut api/pemantik api secara hati-hati dengan tidak bersentuhan langsung. 

3. Hindari penggunaan minyak pelumas pada silinder atau regulator. Hal tersebut bisa beresiko menimbulkan ledakan.

K3 dalam pengelasan welding

4. Selalu memelihara peralatan dalam keadaan baik. Gantilah pipa karet yang sudah rusak, memakai peralatan yang dalam keadaan rusak sangat berbahaya. 

K3 welding

5. Meyakinkan semua komponen adalah baik dan melihat kemungkinan kebocoran gas. Jangan menggunakan nyala api untuk menguji kebocoran, hal ini tentu sangat berbahaya sekali. 

tes kebocoran air sabun

6. Tidak menggunakan tekanan gas oksigen untuk membersihkan debu yang menempel pada pakaian atau benda kerja. Lebih baik bersihkan dengan kain.

7. Memastikan bahwa daerah kerja cukup berventilasi, meskipun demikian tidak diperlukan sirkulasi udara berlebihan. Hal ini untuk menjaga pernafasan tetap sehat selama pengelasan.

8. Jika mungkin, lindungilah material lain di sekitarnya dengan menggunakan asbes atau kain basah. 

Dikarenakan temperature tinggi diperlukan pada saat pengelasan dengan perak (silver), nyala api harus diarahkan jauh dari solenoida, shutt-off valves, driers dan peralatan lainnya yang dapat menimbulkan kerusakan pada peralatan tersebut akibat pemanasan berlebih. Lepaskan terlebih dahulu komponen-komponen yang sensitif/mudah rusak akibat pemanasan tersebut. 

Itulah hal-hal yang berkaitan dengan keselamatan dalam pekerjaan welding. Jika artikel dari www.dinginaja.com ini bermanfaat bagi anda, mohon sekiranya untuk dapat membagikannya kepada orang lain sehingga merekapun mendapatkan manfaat yang sama. Terima kasih atas kunjungan anda.

2 Responses to "Keselamatan Kerja Dalam Pekerjaan Welding"

Featured post

Menumbuhkan Gaya Berpikir Kreatif Siswa SMK featured

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel