Memahami Nameplate Peralatan Listrik

Memahami Name Plate Peralatan Listrik

Memahami Name Plate Peralatan Listrik - Mungkin kita semua pernah tahu atau melihat pada peralatan listrik di rumah kita memiliki sticker yang berisi spesifikasi teknik atau keterangan teknis dari peralatan listrik tersebut. Misalnya pada TV, Speaker, Kulkas,  AC, dispenser, rice cooker, komputer atau peralatan-peralatan elektronik lainnya.

Penempatan sticker label itu biasanya diletakkan di bagian belakang atau bagian samping dari peralatan listrik. Bisa juga diletakkan di bagian bawah peralatan. Stiker yang berisi keterangan teknik itu biasanya disebut dengan istilah name plate.

Keterangan Pada Name Plate

Keterangan yang ada pada nameplate biasanya berisi beberapa data penting terkait dengan peralatan listrik. Contohnya data mengenai tipe atau jenis peralatan listrik; biasanya berupa kode huruf atau angka. Selanjutnya ada keterangan mengenai tegangan, daya, arus, atau spesifikasi teknik yang lain tergantung dari jenis peralatan listriknya.

Untuk lebih mudah memahami mari kita ambil contoh nameplate dari sebuah dispenser berikut ini:

name plate mesin listrik


Nama Produk: Miyako
Tipe: WD - 189 H
Voltase: 220 VAC
Frekuensi: 60 Hz
Air Panas: ≥ 90°C. 3,5l/h

Nama Produk: Miyako
Miyako adalah nama merk produk, dalam hal ini dispenser Miyako. Lain produsen maka lain pula pemberian nama pada produknya.

Tipe: WD - 189 H
Merupakan kode tipe/model dari produk dispenser. Tipe produk dispenser Miyako mungkin saja terdiri dari banyak jenis, dan yang sedang kita bahas saat ini adalah dispenser air panas dan normal saja dengan kode produk WD - 189 H.

Voltase: 220 VAC
Keterangan ini adalah tegangan kerja dari produk dispenser. Tegangan yang sesuai untuk produk dispenser ini adalah 220VAC (sumber tegangan PLN).

Frekuensi: 60Hz
Keterangan selanjutnya adalah frekuensi tegangan listrik yang disarankan, yaitu 60Hz. Ini juga sesuai dengan frekuensi tegangan dari sumber PLN.

Air Panas: ≥ 90°C. 3,5 l/h
Berikutnya adalah keterangan tambahan tentang suhu air panas yang dihasilkan oleh dispenser. Alat ini mampu memanaskan air hingga suhu >=90°C. Dan kapasitas pemanasannya mencapai 3,5l/h atau 3,5 liter per jam.

Itulah tadi cara Memahami Name Plate Peralatan Listrik. Informasi tambahan lainnya dapat juga ditampilkan pada nameplate peralatan listrik. Dan tentunya informasi tersebut akan berbeda-beda tergantung dari peralatan listrik masing-masing.

4 Responses to "Memahami Nameplate Peralatan Listrik"

  1. Owah label/stikel yang tertempel itu nameplate ya namanya. Makasih infonya kak.

    Kalo dipisah name (nama) dan plate (piring), bakal beda artinya ya hihihi

    ReplyDelete
  2. Banyak kode yang nggk saya pahami tentang kode nameplate listrik. Minimal saya sudah paham penjealasan nameplate dirumah saya. Thanks infonya.

    ReplyDelete

Featured post

Cara Mudah Membuat Absen Online untuk Pembelajaran featured

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel