Cara Menyambung Pipa Kapiler dengan Las


A.      TUJUAN

·         Siswa dapat menggunakan peralatan las dengan aman dan benar
·         Siswa dapat menyambung pipa kapiler dengan baik

B.      TEORI DASAR

Pipa kapiler merupakan komponen pada mesin pendingin yang berfungsi untuk menurunkan tekanan dan mengatur aliran refrigeran menuju evaporator. Fungsi utama pipa kapiler ini sangat vital karena menghubungkan dua bagian tekanan berbeda, yaitu tekanan tinggi dan tekanan rendah. Akibat dari penurunan tekanan refrigeran menyebabkan penurunan suhu. Pada pipa kapiler inilah refrigeran mencapai suhu terendah (terdingin).

Pipa kapiler terletak di antara filter dan evaporator. Ketika mengganti atau memasang pipa kapiler baru, sebisa mungkin tidak bengkok karena bisa menyebabkan penyumbatan. Penggantian pipa kapiler harus disesuaikan dengan diameter dan panjang pipa sebelumnya.

Jika karena suatu sebab pipa kapiler harus di sambung, maka penyambungan pipa dapat dilakukan dengan pengelasan. Api las yang digunakan jangan terlalu panas, karena dapat menyebabkan pipa kapiler meleleh. Pengelasan pipa kapiler sama prinsipnya dengan pengelasan pipa tembaga lunak. Berikut ini cara menyambung pipa kapiler dengan las.

C.      ALAT DAN BAHAN

·         Peralatan las
·         Tang kombinasi
·         Pipa tembaga 1/4"
·         Pipa kapiler


D.      GAMBAR KERJA


menyambung pipa kapiler

Gambar 1

mengelas pipa kapiler kulkas

Gambar 2

E.      LANGKAH KERJA

  1. Siapkanlah alat dan bahan yang akan digunakan.
  2. Potonglah pipa kapiler dengan menggunakan tang kapiler. Periksa hasil potongan, jangan sampai hasilnya buntu. 
  3. Siapkan pipa tembaga ¼” sepanjang 2cm untuk menyambung pipa kapiler.
  4. Sambungkan pipa kapiler seperti gambar 1 dengan menggunakan tang kombinasi.
  5. Kemudian las pipa kapiler seperti pada gambar 2. Lakukan pengelasan dengan hati-hati, jangan sampai pipa kapiler putus akibat api las yang terlalu panas.


F.      HASIL DAN KESIMPULAN

      ..........................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................



2 Responses to "Cara Menyambung Pipa Kapiler dengan Las"

  1. Ternyata untuk menyambung pipa kapiler menggunakan las tidak terlalu sulit, jika hal-hal yang disebutkan di atas diperhatikan dengan baik.

    ReplyDelete

Featured post

Jenis-Jenis Kertas Gambar dan Fungsi Penggunaannya featured

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel