Cara Menyambung Pipa Kapiler dengan Las

Cara Menyambung Pipa Kapiler dengan Las dan Tidak Buntu

Pipa kapiler berfungsi untuk menurunkan tekanan refrigeran (freon) setelah melewati kondensor. Selain tekanan yang turun, pipa kapiler juga berfungsi untuk menurunkan temperatur bahan pendingin.

Menyambung Pipa Kapiler 

Cara menyambung pipa kapiler dengan kawat las perak sering dikerjakan oleh para teknisi mesin pendingin baik AC maupun kulkas. Sambungan pipa kapiler pada mesin pendingin sangat penting mengingat fungsi pipa kapiler itu sendiri.

Mengingat fungsinya yang penting tersebut, maka perbaikan pada pipa kapiler harus bagus. Perbaikan pada pipa kapiler dapat berupa penggantian pipa kapiler atau menyambung pipa kapiler.

Tujuan menyambung pipa kapiler pada AC atau kulkas

Perbaikan pipa kapiler bertujuan untuk mendapatkan proses penurunan tekanan dan suhu yang sesuai dengan settingan pada sistem. Jika kita melakukan penggantian pipa kapiler, maka ukuran ID (inside diameter) dan panjang pipa kapiler harus sesuia dengan spesifikasi pabrik. Jika tidak sesuai, maka penurunan suhu dan tekanan akan berbeda, yang mengakibatkan proses atau siklus pendinginan tidak berjalan dengan normal.

Seperti jisebutkan sebelumnya, pipa kapiler merupakan komponen pada mesin pendingin yang berfungsi untuk menurunkan tekanan dan mengatur aliran refrigeran menuju evaporator. Fungsi utama pipa kapiler ini sangat vital karena menghubungkan dua bagian tekanan berbeda, yaitu tekanan tinggi dan tekanan rendah. Akibat dari penurunan tekanan refrigeran menyebabkan penurunan suhu. Pada pipa kapiler inilah refrigeran mencapai suhu terendah (terdingin).

Pipa kapiler terletak di antara filter dan evaporator. Ketika mengganti atau memasang pipa kapiler baru, sebisa mungkin tidak bengkok karena bisa menyebabkan penyumbatan. Penggantian pipa kapiler harus disesuaikan dengan diameter dan panjang pipa sebelumnya. 

Jika karena suatu sebab pipa kapiler harus di sambung, maka penyambungan pipa dapat dilakukan dengan pengelasan. Cara sambung pipa kapiler dengan las gas (acetilin) akan kami jelaskan nanti. Sambungan pengelasan pipa kapiler harus bagus, tidak bocor, dan tidak buntu. Masalah pipa buntu inilah yang sering dialami pada saat menyambung pipa kapiler.

Api las yang digunakan jangan terlalu panas, karena dapat menyebabkan pipa kapiler meleleh dan patah. Gunakannlah api las yang sedang. Pengelasan pipa kapiler sama prinsipnya dengan pengelasan pipa tembaga lunak. Berikut ini cara menyambung pipa kapiler dengan las.

Alat dan bahan untuk las pipa kapiler 

Alat dan bahan untuk las pipa kapiler pada AC maupun kulkas tidak begitu banyak. satu set peralatan las gas dan beberapa peralatan tangan akan dibutuhkan untuk membuat sambungan pipa kapiler AC atau kulkas.

Berikut ini adalah alat dan bahan yang dibutuhkan untuk menyambung pipa kapiler agar hasilnya bagus.
  • Peralatan las
  • Tang kombinasi
  • Tang kapiler
  • Pipa tembaga 1/4"
  • Pipa kapiler
  • bahan tambah perak
  • fluks (bila diperlukan)

Langkah menyambung pipa kapiler agar tidak buntu atau patah

  1. Siapkanlah alat dan bahan yang akan digunakan.
  2. Pastikan peralatan las sudah terpasang dengan benar dan aman.
  3. Potonglah pipa kapiler dengan menggunakan tang kapiler. Periksa hasil potongan, jangan sampai hasilnya buntu. 
  4. Siapkan pipa tembaga ¼” sepanjang 2cm untuk menyambung pipa kapiler.
  5. Sambungkan pipa kapiler seperti gambar 1 dengan menggunakan tang kombinasi. Pipa kapiler harus terjepit dengan rapat agar bahan tambah tidak masuk melalui sela-sela sambungan.
  6. Kemudian las pipa kapiler seperti pada gambar 2. 
  7. Lakukan pengelasan dengan hati-hati, jangan sampai pipa kapiler putus akibat api las yang terlalu panas.

Gambar sambungan pipa kapiler dengan menggunakan tang dan las

Berikut ini adalah gambar cara sambung pipa kapiler dengan las:

Jepit pipa tembaga 1/4 dengan tang kombinasi. 

Pastikan sekeliling pipa kapiler tertutup rapat oleh pipa tembaga 1/4. Jangan terlalu kuat menjepit, agar pipa kapiler tetap dalam keadaan yang baik.


menyambung pipa kapiler

Gambar 1

Gunakan api sedang

Setelah pipa kapiler di sambung dengan pipa tembaga 1/4, lakukan pengelasa pipa kapiler. Guanakan api las yang sedang, tidak terlalu panas. Baca juga: Pengelasan Brazing  

menyambung pipa kapiler kulkas

Gambar 2


Kesimpulan

Dari penjelasan diatas, maka dapat kita simpulkan bahwa pipa kapiler sangan penting pada sebuah mesin pendingin. Fungsinya untuk menurunkan tekanan dan suhu refrigeran. Jika pipa kapiler mengalama masalah seperti patah atau buntu, maka perlu segera diperbaiki.

Penggantian pipa kapiler harus sesuai dengan spesifikasi ID (inside diameter) dan panjang pipa kapiler.


Next Post Previous Post
5 Comments
  • Ahmad Wahyudi
    Ahmad Wahyudi 29/8/19 14:10

    Dikerjakan sing bener yo ....

  • 무하마드 Rizki Riswandi
    무하마드 Rizki Riswandi 29/1/20 19:43

    Ternyata untuk menyambung pipa kapiler menggunakan las tidak terlalu sulit, jika hal-hal yang disebutkan di atas diperhatikan dengan baik.

  • Lex Soft
    Lex Soft 24/5/22 19:19

    Di artikel2 ttg AC, saya coba cari penjelasan ttg komponen katup ekspansi (expansion valve) yg biasa ditemui di sistem refrigerasi dan AC mobil, tak ketemu. Rupanya fungsi katup ekspansi digantikan oleh pipa kapiler toh.

  • Lex Soft
    Lex Soft 24/5/22 19:28

    Saya sedang cari artikel ttg Kompresor, lengkap dgn bagian2 nya, diagram komponen, khususnya mekanisme kompresi refrigeran setelah dihisap (suction) dan discharge. Masih meraba2 bagaimana putaran motor bisa dimanfaatkan utk mekanisme kompresi ini. Apakah ada komponen semacam Cam atau linkage utk mengubah gerak putar menjadi gerak translasi utk mengkompres refrigeran yg dihisap.

  • Lex Soft
    Lex Soft 24/5/22 19:55

    Wah, maaf atas pertanyaan saya sebelumnya ttg kompresor. Saya lupa ttg komponen2 kompresor AC : ternyata ada piston, connecting rod dan Cam rotor.
    Jadi, sudah terjawab.

Add Comment
comment url