Format Laporan PKL SMKN 2 Metro

Contoh Laporan Praktek Kerja Lapangan (PKL) SMK Negeri 2 Metro

Era pasar bebas yang penuh tantangan dan persaingan yang telah diberlakukan di kawasan Asia Tenggara dan waktu untuk kawasan Asia Pasifik dimulai tahun 2020. Waktu untuk mempersiapkan diri dalam memasuki era tersebut sudah semakin pendek, khususnya meningkatkan sumber daya manusia (SDM) yang tangguh. 

Padahal, faktor utama yang menentukan mampu tidaknya bersaing adalah SDM yang memiliki program, menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi, serta mampu menghasilkan produk unggul. Karena itu penyiapan sumber daya manusia harus dilaksanakan sesegera mungkin.

Disisi lain pemberlakukan Undang-undang nomor 22 tahun 1999 tentang Otonomi Daerah juga menuntut peran serta setiap mayarakat termasuk institusi atau lembaga di setiap daerah untuk mampu memberikan konstribusi nyata bagi pembanguan daerah.


format laporan PKL SMK

Khususnya dunia pendidikan, pemerintah dalam hal ini Direktorat Dimenjur Depdiknas Republik Indonesia telah tepat menyiasati perkembangan tersebut dengan diterapkannya berupa pemberlakuan Kurikulum 2013 yang menganut prinsip Program dan kecakapan hidup serata pendidikan karakter yang diharapkan lulusan SMK benar-benar memiliki keterampilan yang pada akhirnya mampu terserap di dunia kerja atau mampu berwirausaha.

SMK Negeri 2 Metro sebagai salah satu Sekolah Revitalisasi, khususnya di bidang pertanian juga telah berbenah diri dalam upaya meningkatkan mutu sumber daya manusia dengan berbagai program, misalnya sinkronisasi kurikulum dengan DU/DI yang relevan dengan 8 program keahlian, penerapan Majestik, pengadaan buku/bahan ajar, peningkatan manajemen pendidikan, perimbangan peningkatan sarana dan peralatan dan bahan praktik, peningkatan mutu guru, tenaga kependidikan dan siswa (lulusan) melalui berbagai pelatihan dan kegiatan magang kedunia usaha dan industri.

Setiap tahun telah dilaksanakan kegiatan praktik kerja industri (PKL) yang bekerja sama dengan dunia usaha dan industri dan institusi terkait lainnya dalam hal perencanaan, pelaksanaan, evaluasi serta pemanfaatan tamatan seoptimal mungkin sehingga terwujud keterkaitan dan kesepadanan (link and match) antara jumlah dan mutu tamatan SMK Negeri 2 Metro dengan kebutuhan dalam lapangan pekerjaan.


Program pembelajaran khas SMK yang diprogramkan secara khusus untuk diselenggarakan di masyarakat salah satunya adalah berupa Praktik Kerja Lapangan (PKL). Program PKL disusun bersama antara sekolah dan masyarakat (Institusi Pasangan/Industri) dalam rangka memenuhi kebutuhan peserta didik, sekaligus merupakan wahana berkontribusi bagi dunia kerja (DU/DI) terhadap upaya pengembangan pendidikan SMK.


Format Laporan PKL SMK Negeri 2 Metro

Diakhir kegiatan PKL, siswa diharuskan membuat Laporan PKL dengan memperhatikan ketentuan pembuatan laporan, dan memenuhi kaidah penulisan laporan. Disini nanti akan kami berikan contoh format laporan PKL SMK.

Berikut ini adalah contoh format laporan PKL bagi siswa-siswi kelas XI SMK yang hendak menyusun laporan PKL. Format ini disesuaikan dengan yang ada pada buku panduan PKL yang telah dibagikan kepada siswa. Lakukan perubahan sesuai dengan jurusan masing-masing.





Bimbingan Pembuatan Laporan PKL

Sehubungan dengan pandemi Covid-19 yang terjadi saat ini, maka seluruh kegiatan belajar disekolah ditiadakan. Solusinya adalah dengan dilakukannya pembelajaran secara daring (dalam jaringan) atau pembelajaran online. Termasuk kewajiban siswa dan siswi kelas XI SMKN 2 Metro untuk membuat laporan PKL.

Kegiatan bimbingan pembuatan laporan PKL dilakukan sesuai dengan jadwal mapel Produktif masing-masing jurusan. 


Pengumpulan Laporan PKL

Pengumpulan laporan PKL dalam bentuk file softcopy. Laporan diupload pada link upload yang sudah ditentukan.


2 Responses to "Format Laporan PKL SMKN 2 Metro"

  1. Iya nih gegara corona, jadinya pembelajaran serba online yah. Jadi, bikin proposalnya juga dikonsultasikan secara online.

    Kalo anak SMK memang khas banget dengan PKL, kalo SMA enggaklah kan mereka teori 😀

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semua ada hikmahnya. Selama ini jarang menggunakan fasilitas internet untuk belajar, sekarang mau tidak mau belajar dengan menggunakan fasilitas internet he..he..

      Delete

Featured post

Jenis-Jenis Kertas Gambar dan Fungsi Penggunaannya featured

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel