-->

Jenis-Jenis Kertas Gambar dan Fungsi Penggunaannya


Jenis-Jenis Kertas Gambar dan Fungsi Penggunaannya - Kertas gambar merupakan salah satu hal terpenting dalam menggambar. Kertas gambar berfungsi sebagai media tempat menggambar. Selain itu kertas gambar juga berfungsi untuk output hasil cetak gambar.

Jenis-jenis kertas gambar pun sangat banyak. Biasanya disesuaikan dengan penggunaannya. Semuanya disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing.
Berikut ini adalah beberapa jenis kertas gambar yang biasa digunakan untuk menggambar teknik.


Kertas Kalkir

Kertas ini hampir sama dengan kertas HVS, tapi kertas ini digunakan untuk media sablon. Kertas ini berukuran lebih tipis, semi transparan, dan seperti kertas minyak putih.

fungsi kertas kalkir


Kertas kalkir biasanya dipakai untuk membuat gambar dengan tinta yang merupakan proses lanjutan dari pembuatan gambar dengan pensil.
Untuk menggambar di atas kertas kalkir biasanya menggunakan drawing pen. Drawing pen adalah pena dengan tinta cair.

Kertas Duplex

Kertas duplex (artinya dua lapis) adalah kertas yang memiliki 2 sisi dengan warna yang berbeda. Satu sisi berwarna putih sedangkan sisi lainnya berwarna abu-abu.

kegunaan kertas duplex


Kertas duplex terbagi kedalam beberapa jenis sesuai dengan tingkat gramasinya (beratnya), mulai dari 250 gram, 270 gram, 310 gram, 350 gram, dan 400 gram.

Kertas Art/Matte Paper

Kertas ini sering digunakan sebagai media untuk mencetak brosur karena permukaannya yang glossy dan licin. Berdasarkan tingkat gramasinya, kertas art terbagi kedalam 3 jenis yakni, 100 gram, 120 gram, dan 150 gram.

ketas matte paper

Kertas HVS

Kertas HVS merupakan salah satu jenis kertas gambar yang sangat populer karena banyak digunakan oleh semua orang. Kertas HVS sendiri ada berbagai macam ukuran, misal seri A, B, dan F.



Kertas gambar yang dipergunakan mempunyai ukuran-ukuran yang telah distandarkan. Ukuran yang paling banyak dipergunakan adalah seri A. Kertas HVS seri A sudah ada ukuran standarnya. Ukuran kertas seri A ditulis dengan memberikan angka 0 (nol) di belakang huruf A. Misalnya A0, A1, A2, A3, A4, dan A5. 

ukuran kertas A4


4 contoh di atas merupakan tipe kertas gambar dan penggunaannya seperti yang sering dipakai oleh banyak orang. Baik untuk menggambar ataupun untuk mencetak. Tergantung pada keperluan masing-masing.

Simak artikel terkait gambar teknik lainnya.



0 Response to "Jenis-Jenis Kertas Gambar dan Fungsi Penggunaannya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel