-->

Pengertian Manajemen Inovasi dan Manfaatnya bagi Organisasi atau Perusahaan

Mungkan Anda bertanya, apa yang dimaksud dengan Manajemen Inovasi? Dan apa manfaatnya bagi organisasi atau perusahaan? Simak penjelasan secara singkatnya pada pembahasan artikel kali ini.

Pengertian Manajemen Inovasi

Yang dimaksud dengan manajemen inovasi adalah proses mengelola inovasi di suatu perusahaan atau organisasi agar dapat berdaya guna bagi keunggulan perusahaan tersebut.

Dengan melakukan manajemen inovasi maka manfaat yang didapat adalah kita dapat menyusun ide-ide secara sistematis dan terstruktur agar tidak timpang tindih satu sama lain. Kemudian memilih dengan skala prioritas, mana yang akan dijalankan lebih dulu. 


Pengertian dan Manfaat Manajemen Inovasi

Proses dalam sebuah Inovasi

Lalu apa yang dimaksud dengan proses dan manfaatnya bagi organisasi atau perusahaan?

Proses dapat diartikan sebagai suatu cara cara untuk penyelenggaraan atau pelaksanaan dari suatu keadaan tertentu untuk mencapai tujuan yang diinginkan.

Dengan berproses maka suatu perusahaan atau organisasi dapat meningkatkan produktivitas pada perusahaan tersebut. Untuk memastikan kerjasama antar semua elemen perusahaan/organisasi berjalan sinergi.

Apa yang dimaksud dengan inovasi dan manfaatnya bagi organisasi atau perusahaan serta hal apa yang dapat menimbulkan kegagalan inovasi?

Inovasi adalah suatu ide atau kreasi baik berupa produk ataupun proses yang dihasilkan dari hasil invensi atau discovery untuk mencapai tujuan tertentu.

Dengan melakukan inovasi maka perusahaan dapat meningkatkan atau memperbaiki sumber daya yang ada memodifikasi menjadi sesuatu yang lebih bernilai, menciptakan hal-hal baru menjadi lebih baik.

Kegagalan inovasi dapat disebabkan oleh staf atau SDM yang tidak siap untuk berubah menjadi lebih baik. Selain itu juga dapat terhambat oleh minimnya fasilitas yang ada.


Proses Inovasi dan Manfaatnya

Apa yang dimaksud dengan proses inovasi dan manfaatnya bagi organisasi atau perusahaan serta adanya fenomena integrasi antara produk dan teknologi beserta perubahan perilaku membeli masyarakat?

Proses inovasi adalah serangkaian aktivitas yang dilakukan oleh individu atau organisasi, yang mulai sadar adanya inovasi, sampai dengan menerapkan ide tertentu. Proses inovasi juga dapat dianggap sebagai konversi pola pikir deduktif yang diawali dari gagasan tertentu dan diakhiri oleh suatu perwujudan fisik atau non fisik.

Contoh Kasus Manajemen Inovasi

Berikut ini kami berikan contoh latihan kasus tentang Manajemen Inovasi pada sebuah perusahaan.

Langkah-langkah proses inovasi yang dapat dilakukan kan oleh PT Telkomsel dengan Tokopedia dapat berupa Pembayaran tagihan telepon secara online. Pelanggan dapat melakukan proses pembayaran tagihan dengan menggunakan kartu kredit, internet banking atau metode pembayaran instan seperti Klik BCA, BCA Klik Play, Mandiri Clickpay, Mandiri e-Cash, e-Pay BRI.

Selain itu, pelanggan juga dapat melakukan pembayaran tagihan di minimarket terdekat yakni di Indomaret, Alfamart, Alfamidi, Lawson hingga di Pos Indonesia.

Dengan demikian pelanggan tidak perlu lagi datang ke kantor PT Telkomsel untuk melakukan pembayaran tagihan karena semuanya dapat dilakukan secara online.

Demikianlah pembahasan singkat mengenai Pengertian, Manfaat dan Contoh Kasus Manajemen Inovasi pada suatu perusahaan. Semoga artikel ini bermanfaat.

0 Response to "Pengertian Manajemen Inovasi dan Manfaatnya bagi Organisasi atau Perusahaan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel