-->

9 Tips Mudah Menghemat Listrik Kulkas di Rumah Anda

Tips Menghemat Listrik pada Kulkas

Kulkas di rumah kita fungsinya untuk menyimpan serta menjaga kesegaran makan dan minuman. Untuk itu kulkas harus beroperasi selama seharian nonstop. Tidak seperti peralatan listrik rumah tangga lainnya, kulkas terus menggunakan daya listrik untuk beroperasi. Maka tidaklah salah jika kulkas dianggap sebagai peralatan rumah tangga yang banyak mengkonsumsi daya listrik. Dan akibatnya tagihan listrik bulanan kita menjadi naik.

9 Tips Mudah Menghemat Listrik Kulkas di Rumah Anda

Namun sekarang ini produsen kulkas telah banyak mengembangkan kulkas dengan teknologi low Watt. Dengan menerapkan teknologi Low Watt pada kulkas, maka konsumsi daya listrik dapat lebih ditekan. Namun demikian, akan bijaksana jika kita tetap berusaha untuk menghemat pemakaian listrik di rumah dengan membiasakan tips hemat kulkas berikut ini.

Tips Menghemat Listrik Kulkas

1. Mengatur Suhu Kulkas Sesuai dengan Kebutuhan

Aturlah temperatur kulkas sesuai dengan kebutuhan pendinginnya. Jangan mengatur suhu kulkas pada level yang sangat dingin atau level terendah. Jika itu anda lakukan, maka kulkas anda akan bekerja dengan sangat keras untuk mencapai suhu rendah tersebut. Dengan kerja yang maksimal tentunya akan menggunakan daya listrik yang maksimal pula, dan tentu ini akan menambah beban listrik.

2. Jangan Mengisi Kulkas dengan Berlebihan

Jika kulkas terlalu banyak diisi dengan makanan dan minuman, tentu saja hal ini juga akan menjadi beban bagi kulkas. Semakin banyak makanan dan minuman yang disimpan, maka semakin besar beban pendinginannya.

Tips Menghemat Listrik Kulkas

Selain itu, ruang sirkulasi udara dingin dari evaporator akan terhalang oleh bahan makanan dan minuman yang memenuhi ruang kabin kuylkas. Sisiakan ruang sirkulasi agar udara dingin dapat mengalir ke seluruh bagian dalam kulkas anda.

3. Menutup Pintu Kulkas dengan Rapat

Perhatikan saat anda menutup pintu kulkas. Pastikan tidak ada benda yang menghalangi agar pintu kulkas dapat tertutup dengan rapat. Pintu yang tidak tertutup dengan rapat dapat mengakibatkan udara dingin keluar. Suhu dingin akan cepet tercapai jika kulkas tertutup dengan rapat.

4. Tidak Terlalu Sering Membuka Pintu Kulkas

Membuka kulkas terlalu sering juga akan mengakibatkan suhu dingin tercapai dengan waktu yang lebih lama. Selain itu, saat membuka pintu kulkas, maka otomatis lampu penerangan di dalam kabin akan menyala. Lampu yang menyala tersebut tentu saja akan menambah konsumsi energi listrik. Jadi, janganlah terlalu lama atau terlalu sering membuka pintu kulkas.

5. Jangan Menyimpan Makanan dan Minuman Panas di dalam Kulkas

Tips Menghemat daya Listrik Kulkas

Menyimpan makanan dan minuman panas langsung ke dalam kulkas dapat menyebabkan kulkas bekerja dengan berat. Kompresor akan bekerja sangat keras untuk mensirkulasikan refrigerant atau bahan pendingin di dalam kulkas. Lebih baik biarkan makanan atau minuman tersebut menjadi dingin terlebih dahulu. Jika sudah tidak panas, barulah anda simpan ke dalam kulkas.

6. Bersihkan Body Kulkas secara Berkala

Membersihkan body kulkas juga merupakan tips untuk menghemat energi listrik. Pada body kulkas tertanam komponen yang disebut dengan kondensor. Kondensor ini berfungsi untuk membuang panas ke lingkungan. Untuk itu, bersihkanlah body kulkas agar tidak terhalang oleh debu atau kotoran yang menempel.

7. Beri Jarak Anatar Kulkas dengan Dinding

Berilah jarak yang cukup antara kulkas dengan dinding. Seperti telah disebutkan di atas, kulkas akan membuang hawa panasnya ke lingkungan luar. Untuk itu, sisakan ruang yang cukup untuk udara panas dapat bersirkulasi di bagian sisi body kulkas.

8. Bersihkan Kabin Kulkas secara Teratur

Selain membersihkan body kulkas, membersihkan bagian dalam kabin juga dapat menghemat konsumsi lstrik. Selain itu akan membuat kabin kulkas menjadi bersih. Kulkas juga dapat terhindar dari masalah seperti jamur, bau tidak sedap, sirkulasi udara tidak lancar, atau pembuangan drainase yang tersumbar lumut atau kotoran.

9. Matikan Kulkas Jika Tidak Digunakan dalam Waktu yang Lama

Matikanlah kulkas jika anda bermaksud untuk meninggalkan rumah selama beberapa lama. Sebelumnya kosongkan terlebih dahulu kulkas. Untuk menhindari bau, buka sedikit pintu kulkas selama akan ditinggalkan.

Itulah 9 tips jitu merawat kulkas agar lebih hemat listrik. Mudah dan simple untuk dilakukan sehari-hari. Jangan lupa juga sampaikan informasi ini kepada seluruh anggota keluarga, agar tips hemat listrik kulkas anda lebih maksimal lagi. Dan melakukan 9 tips ini, selain dapat menghemat listrik, usia kulkas juga dapat bertahan lebih lama dan awet.

Untuk anda yang hendak membeli kulkas baru, pertimbangkanlah untuk mencari kulkas yang dilengkapi dengan fitur hemat energi seperti seri inverter,dan seri Low Watt. Atau kulkas pintar yang punya segudang fitur-fitur unggulan yang sangat menarik seperti Kulkas Pintar LG GC-B559

0 Response to "9 Tips Mudah Menghemat Listrik Kulkas di Rumah Anda"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel