-->

Fritzing, Software Gambar Elektronika

Fritzing, Software Gambar Elektronika

Fritzing merupakan salah satu software yang cukup bagus untuk belajar elektronika. Software Fritzing ini merupakan perangkat lunak yang dapat digunakan oleh para penghobi elektronika. Software Fritzing dapat dioperasikan pada sistem Windows ataupun Linux.

Kelebihan Software Gambar Fritzing

Banyak kelebihan yang dimiliki oleh software gambar Fritzing. Penggunaan fritzing sangat mudah karena didukung tiga tampilan yaitu tampilan skema rangkaian, tampilan visual pada breadboard, dan tampilan rancangan PCB.

Tentu saja hal tersebut menjadi nilai lebih dari software Fritzing. Biasanya sebelum mulai membuat rangkaian elektronika, terlebih dahulu dibuat rancangan atau prototype terlebih dahulu. Prototype ini dibuat di atas papan breadboard dengan menggunakan komponen elektronika yang sebenarnya.


Penyusunan Layout Komponen

Pengguna dapat melakukan perancangan rangkaian elektronika dengan tampilan breadboard. Hal ini akan sangat memudahkan pengguna (terutama bagi yang baru belajar) karena tampilan breadboar akan telihat seperti aslinya.


Software Gambar Elektronika Fritzing


Jika terjadi kesalahan, maka akan mudah diperbaiki. Jika prototype rangkaian telah berjalan dengan baik, maka dapat dilanjutkan ke langkah berikutnya.

Penggunaan software fritzing ini cukup mudah. Pengguna dapat melakukan drag and drop komponen pada area kerja breadboard yang tersedia. Data komponen yang dimiliki oleh Fritzing juga cukup lengkap. Dari komponen dasar seperti resistor, kapasitor, hingga rangkaian terintegrasi atau IC.


Pembuatan Jalur PCB

Pembuat skema dan jalur PCB dengan menggunakan software Fritzing ini dapat dikerjakan secara otomatis. Pengguna tinggal melakukan klik pada tab schematic diagram PCB untuk melihat jalurnya. Program akan menghubungkan jalur-jalur antar komponen yang telah kita pasang pada schema PCB.

Selain itu pengguna akan mudah jika hendak mengambil dokumentasi dari projek yang sedang dikerjakan. Contoh tampilan breadboard pada software Fritzing adalah seperti gambar di bawah ini:


Coding dengan Fritzing

Sofware Fritzing hingga saat ini terus melakukan update sofwarenya. Termasuk juga update database komponen, terutama komponen-komponen baru dari pabrikan komponen elektronika. Contohnya adalah Arduino. Komponen ini terus berkembang pesat saat ini, dimana perkembangan IoT (Internet of Things) sedang pesat berkembang.

Yang menarik, dengan software Fritzing ini juga pengguna dapat melakukan pengkodean (coding) Bahasa pemrograman Arduino. Dengan demikian Fritzing cukup lengkap jika digunakan untuk pembelajaran.

Fritzing, Software Gambar Elektronika

Fritzing akan sangat cocok dipakai untuk project kecil, menggunakan breadboard, dan menggunakan sistem mikrokontroler seperti Arduino.


0 Response to "Fritzing, Software Gambar Elektronika"

Posting Komentar

Berkomentar dengan sopan.

Featured post

Cara Membaca Kode Warna Resistor dengan Mudah featured

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel