Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Format Laporan Tugas Akhir KKGS KKSI Tahun 2021

Format Laporan Tugas Akhir KKGS KKSI Tahun 2021

Contoh format laporan KKGS KKSI 2021. KKGS KKSI merupakan kegiatan pembelajaran daring yang diperuntukkan bagi guru dan siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Dalam kegiatan tersebut peserta guru dan siswa akan mendapatkan materi pembelajaran dari pada pemateri baik SMK Pengampu maupun dari DUDIKA.

Dalam kegiatan tersebut, peserta juga akan diberikan tugas atau project yang harus diselesaikan. Kemudian di akhir kegiatan, peserta juga diminta untuk membuat laporan tugas akhir hasil kegiatan KKGS/KKSI 2021.

Contoh Laporan Tugas Akhir KKGS KKSI Tahun 2021


Penyusunan laporan tugas akhir adalah berupa laporan project dalam bentuk narasi dan disertai gambar atau dokumentasi pendukung. Tugas akhir ini merupakan salah satu panduan penilaian bagi SMK Pengampu dalam menentukan pemenang kegiatan KKGS KKSI. Selain itu, laporan akhir juga menjadi prasyarat pemberian sertifikat. Sertifikat kegiatan KKGS KKSI akan ditandatangani oleh direktur SMK di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.

Penulisan contoh laporan tugas akhir atau laporan kegiatan kamp kreatif peserta harus memiliki beberapa poin penulisan yang perlu dimunculkan dalam laporannya. Ada tiga bagian penting dari laporan yang harus dimasukkan pada penulisan laporan.

BAB I, laporan akhir KKGS/KKSI berisi penjelasan tentang teknis pelaksanaan kegiatan di sekolahan peserta. BAB II, berisi teknis kegiatan pelaksanaan proyek. BAB III, berisi proses pemasaran dan penjualan produk. Dan BAB IV berisi kesimpulan laporan.

Sebagai bahan acuan penulisan, dibawah ini adalah contoh penulisan laporan dapat anda jadikan panduan dalam penulisan laporan KKGS KKSI tahun 2021. Namun format laporan ini tidaklah mutlak. Pembuatan laporan KKGS KKSI tahun 2021 dapat anda konsultasikan dengan panitia atau SMK pengampu KKGS KKSI.


Bagian Pembuka Laporan KKGS KKSI:

1. Cover

Cover laporan KKGS KKSI menerangkan judul laporan, nama kegiatan, logo sekolah, tim penyusun dan nama sekolah penyusun. Lembar cover laporan tidak dibubuhi nomor halaman.

Cover Laporan Tugas Akhir KKGS KKSI Tahun 2021


2. Kata Pengantar

Kata pengantar berisi deskripsi singkat tim penyusun dari penulisan laporan. Berisi maksud dan tujuan penulisan, harapan dari penulisan laporan. Ucapan terimakasih kepada pihak-pihak terkait yang dianggap memiliki peran dalam penyusunan laporan.

3. Daftar Isi

Daftar isi merupakan susunan judul dan sub judul tulisan yang ada disebuah laporan dengan memberikan halaman pada setiap judul dan sub judul sebagai peta bagi pembaca laporan. Halaman Daftar Isi biasanya menempati halaman ke (ii atau iii) dalam sebuah laporan.

4. Daftar Lampiran

Di bagian lampiran ini, peserta dapat melampirkan berbagai dokumentasi kegiatan yang mendukung.

 

Bagian Isi Laporan KKGS KKSI tahun 2021:

BAB I. PENDAHULUAN

A. Pendahuluan

B. Judul Laporan

C. Nama Kegiatan

D. Tema KKGS yang diikuti

E. Waktu dan Jadwal Pembelajaran (KKGS yang diikuti)

F. Waktu Pelaksanaan (Proyek yang dilaporkan)

G. Waktu Penyusunan Laporan/Tugas Akhir

H. Tim KKGS Sekolah Penyusun Laporan/Tugas

 

BAB II. PELAKSANAAN

Pada bab ini, anda dapat menuliskan segala hal yang berkaitan dengan kegiatan, tugas, atau project sesuai dengan tuntutan tema kegiatan masing-masing. Di bawah ini adalah contoh isi BAB II untuk tema kegiatan KKGS KKSI Game Development.

A. Menentukan Komponen Game

B. Pembuatan Storyboard Game. Lampirkan screenshoot pembuatan storyboard game.

C. Development Game. Lampirkan screeshoot program Construct 3 pada pembuatan game.

D. Value Added pada Produk yang dihasilkan. Lampirkan fitur-fitur game yang dikembangkan.

E. Hasil Produk. Sertakan foto video gameplay dari game tersebut.

F. Rincian Modal yang dikeluarkan. Buat dalam bentuk tabel

 

BAB III. PEMASARAN DAN PENJUALAN

A. Teknik Pemasaran (yang dilakukan Peserta untuk memasarkan produk)

B. Teknik Penjualan

C. Rekap Hasil Penjualan

 

BAB IV. KESIMPULAN

Kesimpulan Anda selama kegiatan KKGS KKSI dan hasil penjualan produk yang anda telah buat.



Bagian Penutup Laporan KKGS KKSI tahun 2021:

Pada bagian akhir atau penutup laporan, anda dapat melampirkan beberapa lampiran kegiata, seperti:

a. Lampirkan url link Youtube, atau Marketplace dari kegiatan dan produk Anda.

b. Lampirkan foto-foto selama proses pembuatan proyek.


Demikianlah format laporan atau Tugas akhir KKGS KKSI tahun 2021. Contoh template atau format laporan akhir KKGS KKSI ini merupakan hasil penyempurnaan dari bentuk laporan dari laporan KKGS KKSI tahun sebelumnya. Semoga informasi singkat ini dapat membantu dalam membuat laporan tugas akhir KKGS KKSI 2021

Sumber: www.faridp.com


Posting Komentar untuk "Format Laporan Tugas Akhir KKGS KKSI Tahun 2021"