-->

Cara Menautkan Akun SIMPKB dengan Belajar.id

Cara Menautkan Akun SIMPKB dengan Belajar.id

Bapak Ibu GTK di tanah air, tentunya semua sudah tahu bahwa akun belajar.id harus dimiliki oleh semua Guru dan Tenaga Kependidikan disemua jenjang dengan cara melakukan aktivasi. Pada tanggal 15 Februari 2022 Kemendikbudristek mengeluarkan surat edaran Dirjen GTK dengan Nomor 0697/B.B5/GT.01.15/2022 tentang Akun belajar.id sebagai SSO (Single Sign On) SIMPKB.

Saat ini akun belajar.id yang kita miliki dapat digunakan sebagai Single Sign-On Sistem Informasi Manajemen Pengembangan Profesional Berkelanjutan (SIM-PKB). Bagi sahabat Guru dan Tenaga Kependidikan yang belum memiliki akun belajar.id,  segera aktivasi akun belajar.id Anda.


Aktivasi akun belajar.id dan SIMPKB paling lambat tanggal 12 Maret 2022

Bapak Ibu Guru dan Tenaga Kependidikan dihimbau untuk mengaktifkan dan memanfaatkan akun belajar.id sebagai penunjang pembelajaran daring yang diselenggarakan oleh sekolah di masa pandemi maupun kondisi kenormalan baru. Saat ini Kemenristekdikbud mengoptimalkan akun pembelajaran belajar.id menjadi layanan satu akun untuk semua kegiatan belajar mengajar dengan konsep Single Sign On (SSO).

Oleh karena itu, seluruh Guru dan Tenaga Kependidikan yang telah terdaftar di platform SIMPKB agar dapat menautkan akun belajar.id-nya. Aktivasi pada data personal pengguna platform SIMPKB paling lambat hingga tanggal 12 Maret 2022.


Sekilas mengenai SIMPKB

SIMPKB singkatan dari Sistem Informasi Manajemen untuk Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan. SIMPKB merupakan program yang diwajibkan oleh Kemendikbud untuk diikuti oleh seluruh guru untuk mengembangkan kemampuan kompetensi yang dimilikinya. Setiap guru dan tenaga kependidikan yang sudah terdaftar dalam SIMPKB dapat mengikuti seluruh layanannya. Sebagai contoh adalah layanan PPG, Guru Penggerak, Program Upskilling dan Reskilling Guru Kejuruan dan masih banyak program lain yang dapat diikuti oleh guru.

Dengan mengaktivasi SIMPKB guru dan tenaga kependidikan akan menerima update terbaru mengenai program-program yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan. Bagi yang belum aktivasi, silahkan menghubungi pihak operator sekolah untuk mendapatkan bantuan cara aktivasinya.


Cara Menautkan SIMPKB dengan Akun Belajar.id

Berikut ini Langkah atau cara menautkan SIMPKB dengan akun belajar.id:

  1. Buka terlebih dahulu browser anda. Kemudian masuk ke laman SIMPKB di https://akun.simpkb.id/
  2. Masukkan Surel / SIMPKB-ID anda (No.UKG) dan kata sandi (password) pada jendela login, untuk mengakses dashboard SIMPKB.

  3. Cara-Menautkan-Akun-SIMPKB-dengan-Belajar.id













    K
  4. Kemudian Pilih/Klik tombol Selengkapnya pada kolom Integrasi Layanan.

    Cara-Menautkan-Akun-SIMPKB-dengan-Belajar.id
    d
  5. Pada laman Integrasi layanan SIMPKB, klik tombol TAUTKAN


  6. Kemudian sistem akan mengarahkan pada laman login akun pembelajaran Anda.
  7. Pilih akun pembelajaran anda (belajar.id)


  8. Jika anda belum login ke akun belajar.id, login terlebih dahulu dengan memasukkan email beserta kata sandi /Password akun belajar.id, kemudian klik berikutnya.


  9. Maka proses penautan akun belajar.id dengan SIMPKB telah berhasil. Ditandai dengan tanda TERTAUT.


  10. Klik tombol Hapus jika ingin melepas tautan tersebut.

Itulah tadi langkah cara menautkan akun belajar.id denganSIMPKB. Mudah dan singkat. Semoga bermanfaat. Silahkan share kepada rekan guru yang lain agar akun belajar.id tertaut dengan SIMPKB.


Update: Penautan akun belajar.id dan SIMPKB Diperpanjang Hingga 12 April 2022

Update!! 
Penautan akun belajar.id dan SIMPKB Diperpanjang Hingga 12 April 2022
Bagi bapak-ibu yang belum menautkan akun, bisa segera mengikuti tutorial di atas. Terimakasih.

0 Response to "Cara Menautkan Akun SIMPKB dengan Belajar.id"

Posting Komentar

Berkomentar dengan sopan.

Featured post

Sensor Ultrasonic JSN-SR04T featured

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Multiplex Dingin