Box Listrik - Fungsi Jenis dan Bentuk

Daftar Isi

Box Terminal Kabel Listrik

Box listrik atau electrical box digunakan untuk menutupi sejumlah sambungan kabel pada berbagai aplikasi seperti sakelar, saluran output listrik, serta berguna untuk melindungi sambungan dari kerusakan eksternal. Ada berbagai bentuk box listrik yang tersedia. Ada yang dirancang untuk penggunaan di dalam bangunan dan ada yang diperuntukkan pada penggunaan di luar ruangan.

National Electrical Code (NEC) yang merupakan standarisasi di bidang kelistrikan, mengharuskan penggunaan jenis box listrik pada aplikasi tertentu. Selain itu pada penggunaan standar industri juga mengharuskan penggunaan kotak terminal listrik yang sesuai dengan standar industri yang ditentukan.


Penggunaan Box Listrik

Box listrik dapat dipasang baik dipermukaan dinding, di belakang dinding, atau bahkan di langit-langit sebuah bangunan. Fleksibelitas instalasi box terminal listrik sangat berguna pada berbagai keperluan instalasi listrik, misalnya:

  • Pemisahan atau penyambungan kabel listrik pada suatu rangkaian kabel listrik
  • Sambungan pada bangunan rumah seperti pada peralatan listrik, instalasi penerangan, dan sebagainya. Dapat dipasang di dinding atau di langit-langit untuk memudahkan akses.
  • Jika di pasang di langit-langit, dapat memudahkan dalam pemasangan dan penyambungan instalasi kipas angin di plafon
  • Box listrik tersedia dengan berbagai jenis material dan ukuran untuk berbagai keperluan melindungi sambungan kabel listrik
  • Box terminal listrik memudahkan dalam perawatan atau perbaikan instalasi listrik

 

Ukuran dan Bentuk Kotak Listrik

Bentuk dari sebuah box listrik dapat menunjukkan tujuan penggunaan komponen tersebut.  Ukuran box listrik yang berbeda memerlukan kebutuhan instalasi yang berbeda. Bentuk persegi standar adalah jenis paling umum dari bentuk bok listrik.

Square Box – Box persegi, terbuat dari logam galvanis.

Rectangular Box – Box persegi panjang, merupakan kotak sambung yang paling umum digunakan. Kotak sambung ini hanya dapat menampung satu outlet kebel, stop kontak, atau sakelar.

Round Box – Box bulat, digunakan untuk pemasangan pada langit-langit bangunan. Digunakan untu sambungan kabel instalasi penerangan.  Ada juga yang dilengkapai dengan pengaman seperti lampu indikator atau detector CO2/asap.




Jenis-Jenis Box Listrik

Box terminal kabel tersedia dalam berbagai jenis dan konfigurasi yang berbeda, sesuai dengan tujuan penggunaanya. Berikut ini jenis-jenis kotak sambungan kabel listrik:


Junction Box – Kotak persimpangan, fungsinya untuk menghubungkan kabel satu dengan lainnya. Dapat digunakan untuk membuat percabangan ke jalur instalasi yang berbeda. Junction box tidak boleh digunakan untuk sakelar atau untuk stop kontak.

Handy Box – Kotak tangan, untuk aplikasi dimana pemasangan box listrik di belakang dinding, digunakan untuk memasang sakelar atau stop kontak. Handy box dapat langsung dipasang pada permukaan dinding.

Outdoor Box – Kotak sambungan outdoor, tersedia unit logam atau non-logam. Desainnya khusus untuk penggunaan di luar ruangan. Outdoor box biasanya dilengkapi dengan fitur pelindung dari cuaca luar seperti hujan atau panas.

Metal Box – Kotak logam, memiliki karakteristik yang lebih tahan lama dan dapat digunakan dengan baik untuk waktu yang lebih lama.

PVC Box – Kotak Sambung PVC, merupakan kotak sambungan kabel listrik yang terbuah dari bahan PVC atau plastik. Harganya relative murah. Mudah dipasang, baik pada bangunan lama atau pada bangunan baru.

Ceiling Box – Box sambung langit-langit, digunakan untuk peralatan listrik yang berat seperti lambu langit-langit yang besar, atau kipas angin di langit-langit bangunan.

Posting Komentar