Cara Menghitung Biaya Membangun Rumah dengan Mudah

Daftar Isi

Tips Cara Menghitung Biaya Membangun Rumah Dengan Mudah – Memiliki sebuah hunian merupakan semua mimpi setiap orang. Rumah merupakan tempat berteduh dari panasnya terik matahari dan dari dinginnya malam. Pastinya jika kita sudah berniat untuk membangun sebuah rumah, banyak hal yang patut kita pertimbangkan. Di antaranya adalah seperti desain rumah seperti apa yang akan kita buat dan juga dana pembanguna rumah tersebut.


menghitung biaya membangun rumah
Biaya membangun rumah


Tentunya kita harus matang-matang dalam memikirkan keduanya. Desain rumah dan biaya pembangunannya. Semua itu agar nanti proses pembangunan rumah tidak berhenti di tengah jalan. Apalagi jika salah perhitungan karena kehabisan dana, pastinya akan sangat merugikan dan membuat pembangunan terhambat. Maka sebaiknya anda harus siap akan segala resiko yang ada. Lakukanlah perkiraan kasar dan perhitungan biaya pembangunan rumah yang akan anda kerjakan.

Perlu anda ketahui bahwa ada dua cara menghitung biaya pembangunan rumah yang biasa dipakai orang. Ada yang hitungan per meter, dan ada yang per meter persegi. Untuk pembangunan dengan hitungan per meter dan juga per meter persegi sangatlah berbeda, janganlah anda salah mengartikan semua itu sama.

Untuk perbedaanya adalah hanya pada perhitunganya saja yang harus anda perhatikan dengan detail dan sebaik mungkin, namun anda tidak usah khawatir karena di bawah ini kami akan mencoba berbagi tips kepada anda dalam masalah Cara Menghitung Biaya Membuat Rumah Minimalis. Dan tentunya bagi anda yang memang memerlukan cara perhitungan yang baik untuk membangun hunian impian anda dan sesuai dana yang anda miliki. Di bawah ini kami sudah menyiapkan solusinya untuk anda, dan selengkapnya simak penjelasanya sebagai berikut:

Perhitungan Pembangunan Rumah Hitungan Meter Persegi (m2)

Untuk cara yang pertama yakni dengan menggunakan metode perhitungan meter persegi, dimana anda akan menghitung ukuran rumah yang akan anda buat dari panjang dan lebarnya lalu di kalikan dengan taksiran harga per meter perseginya berapa. Dan untuk perhitunganya sebagai berikut:

Misalkan anda akan membuat rumah dengan ukuran L= 10m P= 10m. 

Dari hasil perkalian yakni 10m x 10m = 100m2

Jika untuk taksiran harganya dari per meter persegi misalnya 2.500.000, 

maka hasil dana yang harus anda siapkan adalah 100m2 x 2.500.000= Rp 250.000.000

Mudah saja bukan untuk menghitung dengan metode yang ada di atas, namun ada lagi satu cara yang boleh di katakan lebih teliti. Yakni dengan menggunakan harga satuan meter, Untuk cara ini sangat pas bagi orang awam yang tidak mengerti perhitungan dengan cara di atas. Dan bagi anda yang ingin mengetahui cara pehitunganya dengan benar anda bisa melihatnya di bawah ini:

 

Perhitungan Untuk Membangun Rumah Dengan satuan Meter

Untuk cara yang kedua ini tergolong sangat teliti dan hampir mendekati sempurna, karena kita bisa menghitung secara global mulai dari bahan material dan juga untuk harga tukang dan lain-lain. Dan selengkapnya anda bisa lihat di bawah ini:

  • Buatlah dahulu gambar sketsa rumah anda
  • Pilihlah apa saja bahan material yang akan digunakan
  • Cari informasi harga bahan-bahan tersebut, dan total berapa dana untuk membeli material tersebut
  • Buat tabel rincian lama pengerjaan
  • Cari informasi untuk harga upah yang akan anda gunakan (tergantung daerah tempat tinggal)
  • Mengalikan harga satuan upah kerja dengan lama hariannya
  • Hitung semua dana yang keluar secara keseluruhan, baik material maupun upah kerja

Semoga tips yang kami bagikan kepada anda semua tentang CaraMenghitung Biaya Membangun Rumah, dapat bermanfaat dan selamat membangun rumah impian anda.

 

Posting Komentar