Flux untuk Mencegah Reaksi Oksidasi pada Pengelasan Logam

Daftar Isi

Flux untuk Mencegah Reaksi Oksidasi

Pada pekerjaan pengelasan biasanya diperlukan pasta las untuk memudahkan proses pengelasan logam. Pasta las brazing sering juga disebut dengan flux atau borax las. Fluks berfungsi untuk mencegah terjadinya oksidasi selama proses pengelasan. Ada juga yang menyebut dengan istilah obat las cair, walaupun ada juga yang bentuknya serbuk. Kandungan yang ada pada bahan fluks diantaranya kalium karbonat, amonium klorida, borax, karbonat soda, dan sebagainya.


Flux Mencegak Reaksi Oksidasi

Reaksi Oksidasi dalam Pengelasan

Oksidasi adalah reaksi yang timbul antara logam dengan oksigen di udara pada waktu logam dalam kondisi cair pada suhu tinggi. Pada saat pengelasan, reaksi oksidasi akan menyebabkan logam tidak dapat menyatu atau menempel dengan kuat. Oksidasi menimbulkan kerak oksidasi yang berakibat sambungan las tidak kuat.

Reaksi oksidasi akan menyebabkan kualitas sambungan las menjadi buruk. Oksidasi akan berdampak pada kegagalan produk dan hal itu sangat penting bagi kesalamatan pada pemakaian produk. Jika hasil las buruk, maka akan beresiko pada keselamatan produk saat di aplikasikan.

Flux atau borax dapat digunakan untuk mengelas tembaga, kuningan, aluminium dan sebagainya. Sifat korosif pada flux dapat menghilangkan lapisan oksidasi yang terjadi saat pengelasan. Fluks juga dapat mencegah timbulnya lapisan oksida saat pengelasan.

Lapisan Oksidasi memiliki sifat:

  1. Sangat keras namun getas sehingga mudah sekali untuk patah.
  2. Tidak mempunyai kekuatan mekanis.
  3. Menimbulkan gelembung-gelembung udara pada bagian permukaan maupun di bagian dalam hasil las


Macam Flux pada Pengelasan

Jenis bahan flux yang sering digunakan teknisi AC atau kulkas pada pengelasan brazing ada dua. Flux berbentuk bubuk dan flux berbentuk pasta (cair). Flux berbentuk serbuk berwarna putih seperti garam halus. Flux pasta memiliki wujud berupa pasta berwarna putih seperti pasta gigi.

jenis flux cair atau pasta

jenis flux bubuk

Link Pembelian Borak Las: https://shope.ee/6zrQ2CIMm5

Merk flux las brazing

Nama dagang merk flux diantaranya ACE Flux, Silver Brazing Flux, Starmex Brazing Paste, White Brazing Paste, Obat Las Cair dan sebagainya.


Cara Memakai Flux pada Pengelasan

Pada pengelasan pipa tembaga, kuningan atau logam lainnya;

  1. Oleskan flux cair pada bagian yang akan dilas.
  2. Kemudian panaskan logam yang akan dilas.
  3. Jika logam sudah cukup panas, berikan bahan tambah (filler) pada sambungan yang akan dilas.
  4. Las kedua logam hingga menyatu dengan kuat.
  5. Untuk flux bubuk, ditambahkan bersamaan dengan menambahkan filler.


Cara Mengelas Aluminium dengan Flux

Pada video berikut ini menampilkan proses pengelasan logam aluminium. Pada video, merupakan pengelasan kondensor AC mobil yang terbuat dari bahan logam aluminium.

 

Panaskan logam yang akan dilas, dan masukkan bahan tambah dengan memberi sedikit flux. Pastikan bahan tambah mengisi seluruh sambungan logam.

Flux juga sering dipakai untuk mengelas brazing pada aluminium atau kuningan. Sambungan antara dua logam yang berbeda dapat lebih mudah disambungkan dengan menggunakan flux. Misalnya menyambung kondensor kulkas dengan filter. Umumnya, kondensor terbuat dari logam besi, sedangkan filter terbuat dari logam tembaga. Menyambung dua logam yang berbeda lebih mudah menyatu dengan menambahkan flux pada saat pengelasan.

Demikianlah pembahasan mengenai Fungsi Flux atau Pasta Brazing dalam Pengelasan. Semoga bermanfaat dan dapat menambah wawasan kita.

Posting Komentar