Fungsi dan Manfaat Cargo Lift

Fungsi dan Manfaat Cargo Lift 

Cargo lift atau lift barang merupakan suatu lift yang khusus digunakan untuk pemindahan barang dari satu lantai ke lantai lainnya. Saat ini cargo lift sangat banyak dipakai di ruko-ruko, gudang, pabrik, gedung perkantoran, apartement, atau bangunan bertingkat lainnya.

Proses pemindahan barang atau material dari satu ruang ke ruang lainnya akan lebih mudah dan cepat. Selain dapat dipasang di dalam ruangan (indoor), cargo lift juga dapat dipasang di luar nagungan suatu gedung (outdoor).

Pada artikel kali ini akan membahas mengenai berbagai hal terkait dengan cargo lift barang.

Fungsi Cargo Lift

Cargo Lift Mempermudah Pemindahan barang

Kebutuhan penyimpanan barang menjadi hal yang sanga penting. Di saat penyimpanan gudang horizontal tidak dapat meng-cover ruang penyimpanan, maka dilakukanlah penyimpanan barang secara vertikal atau bertingkat.

Penyimpanan barang bertingkat memerlukan mekanisme pemindahan barang yang aman dan cepat. Dengan menggunakan cargo lift, maka proses pemindahan barang secara vertikal dapat lebih mudah dilakukan. Dengan demikian akan lebih menghemat waktu kerja.


Penempatan Cargo Lift Sangat Fleksibel

Penempatan cargo lift juga sangat fleksibel. Dapat ditempatkan di dalam ruangan, atau dipasang diluar ruaangan. Ada dua tipe cargo lift, yaitu indoor dan outdoor. Tinggal disesuaikan dengan kebutuhan pekerjaan yang akan dilakukan.


Control Otomatis

Cargo lift juga dapat dilengkapi dengan panel kontrol otomatis di setiap lantai. Gunanya untuk mengatur kerja lift barang agar lebih mudah dioperasikan. Kontrol naik dan turun lift dapat dioperasikan dengan langkah yang mudah hanya dengan satu klik tombol.


Pengaman pada Cargo Lift

Cargo lift untuk barang juga dilengkapi dengan safety device atau safety lock. Perangkat pengaman ini akan menjaga keamanan lift saat beroperasi. Safety lock pada cargo lift dapat mencegah kegagalan operasi saat lift digunakan. Keamanan barang dan operator juga sangat penting diperhatikan. Maka dilengkapilah cargo lift dengan peralatan pengaman.

 

Jenis-Jenis Cargo Lift

Lift barang dapat dikategorikan menjadi beberapa tipe. Berikut penjelasan jenis lift barang:

1. Full Independent Cargo Lift

Tipe ini merupakan cargo lift barang vertikal yang diperuntukkan khusus untuk barang. Dapat digunakan di bangunan ruko, gudang atau pabrik sekalipun.

Jenis lift barang ini menggunakan konstruksi tiang lift yang berdiri sendiri (independent). Sehingga lift tidak terhubung langsung dengan bangunan utama.

manfaat cargo lift barang

2. Semi Independent Cargo Lift

Merupakan suatu jenis cargo barang yang tidak menggunakan konstruksi tambahan, melainkan menyatu dengan bangunan utama. Hanya saja, kita perlu menyiapkan dan memperhitungkan struktur bangunan khusus yang diperuntukkan bagi cargo lift.

jenis cargo lift barang

 

Keuntungan Menggunakan Cargo Lift

1. Menghemat waktu

Penggunaan cargo lift akan menghemat waktu pemindahan barang dari satu lantai ke lantai lainnya. Jika menggunakan tangga, maka akan sangat tidak efisien dalam pekerjaan. Apalagi jika frekuensi pemindahan barang sangat kerap dalam satu hari, maka dapat menyebabkan kerugian waktu dan hal lainnya.

2. Keamanan Barang Lebih Terjaga

Penggunaan cargo lift dapat mencegah kerusakan barang akibat terjatuh. Resiko penggunaan anak tangga akan lebih rentan menyebabkan kerusakan barang dibandingkan dengan menggunakan cargo lift.

3. Dapat membawa Barang dalam Jumlah Banyak

Pemindahan barang dengan tangga biasa hanya dapat dilakukan dengan beban barang yang sedikit. Sebaliknya, dengan cargo lift kita dapat memindahkan barang dalam jumlah yang banyak hanya dalam satu waktu. Sangat efektif dan efisien.

Demikian fungsi cargo lift barang dalam bisnis. Pilihlah jenis cargo lift sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda. Semoga bermanfaat.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url