Lakban untuk Membungkus Pipa AC

Daftar Isi

Lakban untuk Membungkus Pipa AC

Jika kita perhatikan pada pemasangan AC Split, maka akan terlihat adanya pembungkus pipa AC. Pembungkus pipa AC itu sering disebut dengan lakban pipa AC. Nah, kali ini kita akan membahas mengenai apa fungsi lakbanAC tersebut. Juga membahas jenis lakban pipa AC dan juga tentang bagaimana cara pemasangannya pada AC Split.

Fungsi lakban AC

Nama Lain Lakban Pipa AC

Selain disebut lakban pipa AC, teknisi juga menyebutnya ducttape (daktip) atau mereka menyebutnya isolasi pipa AC. Lakban AC adalah sebuah pita pembungkus yang dipergunakan khusus untuk membungkus pipa tembaga pada instalasi AC. Ada beberapa komponen yang perlu dilakban, yaitu pipa tembaga AC, kabel power, dan saluran pembuangan (drainase). Ketiga material tersebut perlu dibungkus dengan menggunakan lakban AC dengan kencang.

Penggunan lakban AC ini bertujuan untuk melindunginya pipa tembaga, selang drainase dan juga kabel listrik dari pengaruh lingkungan luar. Pipa tembaga yang didalamnya teraliri oleh bahan pendingin memiliki suhu yang rendah. Vynil foam pada pipa tembaga akan melindunginya dari pengaruh cuaca luar. Lakban AC dipakai untuk menyatukan pipa tembaga, kabel power dan saluran drainase. Pemasangan daktip AC tidaklah begitu sulit. Dengan sedikit latihan, anda pun dapat melakukannya sendiri.

Lakban AC tidaklah berfungsi untuk mencegah hawa dingin keluar dari pipa AC. Ada anggapan bahwa jika pipa AC tidak dibungkus menggunakan duct tape, maka dapat menyebabkan AC menjadi tidak dingin lagi. Padahal, pada dasarnya pipa AC terbuat dari tembaga yang memiliki sifat solid sehingga tidak ada hawa dingin yang akan keluar dari pipa tersebut. Lebih tepatnya adalah untuk melindungi pipa AC dari pengaruh suhu lingkungan luar.


Fungsi Lakban AC

Untuk lebih detailnya, berikut ini adalah beberapa fungsi lakban AC, yaitu:

1. Mencegah Kondensasi pada Pipa

Kondensasi atau pengembunan dapat terjadi jika pipa AC tidak tertutup oleh busa vynil. Pada pipa yang dingin, maka uap air dari udara akan mengembun dan menempel pada pipa tembaga yang tidak terbungkus. Oleh karena itu, pipa AC perlu diberi busa insulasi dan juga dibungkus dengan lakban AC agar lebih rapat. Lakban AC akan mengencangkan busa vynil sehingga melekat lebih rapat sehingga terpisah dengan udara luar. Dengan demikian tidak terdapat rongga yang menyebabkan kondensasi.

2. Melindungi Pipa dari Panas

Lakban AC juga berfungsi untuk melindungi dari pengaruh lingkungan luar. Pipa tembaga, dan juga kabel listrik akan terhindar dari paparan terik matahari dan hujan. Panas dan hujan juga dapat merusak struktur fisik dari busa vinyl pipa AC dan juga kabel listriknya.

Lakban AC bukan untuk mencegah kebocoran freon (bahan pendingin). Lakban AC tidak dapat menahan kebocoran freon. Hal ini karena freon yang bertekanan tinggi dan berwujud gas akan mudah terbuang walau hanya kebocoran yang sangat kecil.

3. Fungsi Keindahan dan Kerapihan

Fungsi pertama dan yang utama dari daktip atau isolasi pipa AC adalah agar instalasi AC terlihat rapi. AC akan terlihat lebih indah dan rapi secara estetika dan tidak mengganggu pandangan mata. Dengan menyatukan pipa kabel dan saluran drainase, maka instalasi terlihat ringkas dan enak dipandang.

 

Jenis Lakban AC

Ada beberapa jenis lakban pipa AC yang sering dipakai. Ada tiga jenis yang dikenal saat ini, yaitu lakban dengan lem, lakban tanpa lem, dan lakban aluminium.

jenis lakban pipa AC

1. Lakban AC dengan Lem (Lengket)

Penggunaan daktip ini akan membuat proses instalasi AC menjadi lebih mudah dan lebih cepat. Selain itu, lilitannya akan lebih kuat karena menggunakan lem perekat. Itulah sebabnya, jenis lakban AC dengan lem ini lebih banyak digunakan.

2. Lakban AC Tanpa Lem (Non lengket)

Fungsinya sama untuk merapikan pipa AC. Dari sisi harga, jenis lakban AC ini lebih murah dibandingkan dengan jenis lengket. Banyak dipakai untuk instalasi AC rumahan.

3. Lakban AC Aluminium

Terbuat dari bahan aluminium. Lakban AC aluminium ini berfungsi untuk mencegah pertukaran panas ke dalam sistem AC yang dapat membuat kerja AC terganggu. Banyak digunakan untuk instalasi AC di industri atau komersil. Harganya juga lebih mahal dari kedua jenis lainnya di atas.


Cara memasang Lakban AC

Cara memasang atau pembungkusan pipa AC, saluran pembuangan dan kabel AC split. Caranya dilakukan dengan melilitkan lakban AC secara diagonal dan spiral sampai seluruh bagian pipa terbungkus rapat. Untuk menghemat bahan, lilitkan lakban dengan menimpa separuh lilitan sebelumnya. Dengan demikian, pipa tetap terbungkus rapat, sehingga penggunaan bahan lebih hemat. Perhatikan gambar cara memasang lakban AC berikut ini.


Video Cara Memasang Lakban AC

Berikut ini contoh video pemasangan lakban AC



Demikianlah pembahasan mengenai fungsi, jenis, dan cara memasang Lakban AC. Semoga bermanfaat.

 

 

Posting Komentar