Duct Tape Isolasi Pipa AC dan Cara Memasang Daktip

Jenis Duct Tape dan Cara Memasang Duct Tape AC

Duct tape atau isolasi pipa AC merupakan salah satu bahan yang dibutuhkan saat pemasangan AC Split. Pada artikel kali ini kita akan membahas mengenai fungsi duct tape, jenis duct tape dan juga cara pemasangan duct tape pada AC Split.


Fungsi Duct Tape Pipa AC

Fungsi Isolasi Pipa AC (Duct Tape)

Selain sebutan isolasi pipa AC, duct tape (daktip) juga sering disebut dengan lakban AC. Duct tape merupakan pita pembungkus yang dipergunakan khusus untuk membungkus pipa tembaga AC. Pada pemipaan AC, terdapat beberapa komponen, yaitu pipa tembaga AC, kabel power, dan saluran pembuangan (drainase). Ketiga material tersebut perlu dibungkus dengan menggunakan isolasi/lakban AC.

Penggunan daktip ini bertujuan untuk melindunginya pipa, selang drainase dan kabel listrik dari pengaruh lingkungan luar. Pipa tembaga yang didalamnya teraliri oleh bahan pendingin memiliki suhu yang rendah. Vynil foam pada pipa tembaga akan melindunginya dari pengaruh cuaca luar. Daktip dipakai untuk menyatukan pipa tembaga, kabel power dan saluran pembuangan air kondensasi. Pemasangan daktip AC harus rapi dan rapat.

Banyak orang yang keliru dengan menganggap bahwa lakban AC berfungsi untuk mencegah hawa dingin keluar dari pipa AC. Akibatnya, ada anggapan bahwa jika pipa AC tidak dilapisi duct tape, udara yang keluar dari AC menjadi tidak dingin lagi. Padahal, pada dasarnya pipa AC terbuat dari tembaga yang memiliki sifat solid sehingga tidak ada hawa dingin yang akan keluar dari pipa tersebut.


Fungsi Duct Tape AC

Untuk lebih detailnya, daktip AC memiliki beberapa fungsi sebagai berikut:

1. Fungsi Estetika

Fungsi pertama dan yang utama dari daktip atau isolasi pipa AC adalah untuk membungkus pipa tembaga AC, kabel listrik, dan pipa drainase agar terlihat rapi. AC akan terlihat lebih rapi secara estetika dan tidak mengganggu pandangan mata.

2. Mencegah Kondensasi pada pipa

Kondensasi dapat terjadi jika pipa AC tidak tertutup vynil insulasi. Uap air dari udara akan mengembun dan menempel pada pipa tembaga yang tidak terbungkus. Oleh karena itu, pipa AC perlu diberi insulasi sekaligus dililit dengan duct tape agar lebih rapat. Lakban AC akan mengencangkan busa vynil sehingga melekat lebih rapat dan tidak terdapat rongga yang menyebabkan kondensasi.

3. Melindungi dari Panas

Duct tape juga berfungsi untuk melindungi pipa tembaga, dan juga kabel listrik dari terik matahari dan hujan. Cuaca panas dan hujan juga dapat berdampak buruk pada pemipaan AC.

Duct tape bukan untuk mencegah kebocoran freon (bahan pendingin). Daktip tidak dapat menahan kebocoran freon, karena freon yang berwujud gas akan mudah terbuang walau hanya kebocoran yang sangat kecil.


Jenis Duct Tape untuk AC

Ada beberapa jenis isolasi pipa AC yang sering dipakai. Ada tiga jenis duct tape yang dikenal saat ini, yaitu duct tape dengan lem, duct tape tanpa lem, dan duct tape dari bahan aluminium.

1. Duct Tape dengan Lem (Lengket)

Penggunaan daktip ini akan membuat proses instalasi AC menjadi lebih mudah dan lebih cepat. Selain itu, lilitannya akan lebih kuat karena menggunakan lem perekat. Itulah sebabnya, jenis lakban AC dengan lem ini lebih banyak digunakan.

jenis duct tape lem lengket

2. Duct Tape Tanpa Lem (Non lengket)

Fungsinya sama untuk merapikan pipa AC. Dari sisi harga, jenis daktip ini lebih murah dibandingkan duct tape dengan lem. Banyak dipakai untuk instalasi AC rumahan.

jenis duct tape non-lem

3. Duct Tape Aluminium

Terbuat dari bahan aluminium. Lakban AC aluminium ini berfungsi untuk mencegah pertukaran panas ke dalam sistem AC yang dapat membuat kerja AC terganggu. Banyak digunakan untuk instalasi AC di industri atau komersil. Harganya juga lebih mahal dari kedua jenis lainnya di atas.

jenis duct tape aluminium


Cara memasang daktip AC

Cara memasang atau pembungkusan pipa AC, saluran pembuangan dan kabel AC split. Caranya dilakukan dengan melilitkan daktip secara diagonal dan spiral sampai seluruh bagian pipa terbungkus rapat. Untuk menghemat daktip, lilitkan daktip dengan menimpa separuh lilitan sebelumnya. Dengan demikian, pipa tetap terbungkus rapat, dan penggunaan daktip akan lebih hemat. Perhatikan gambar cara memasang duct tape AC berikut ini.

cara memasang duct tape AC

Demikianlah pembahasan mengenai fungsi daktip, jenis daktip, dan cara memasang daktip pipa AC. Semoga bermanfaat.


Video Cara Memasang Duct Tape

Berikut ini adalah video singkat bagaimana cara memasang duct tape pada AC split. Mohon dukungannya untuk kemajuan chanel Dingin Aja. Subscribe ya... Terimakasih.



SOAL SIR

Kerjakan dengan seksama

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url