-->

Cara Mengganti dan Mengisi Oli Kompresor Kulkas

Cara Mengganti dan Mengisi Oli Kompresor Kulkas - Oli pada komponen mesin yang bergerak berfungsi untuk melupasi bagian-bagian dari mesin yang bergerak. Pelumasan itu bertujuan agar mesin tidak panas dan aus. 

Pada kulkas, kompresor merupakan komponen yang berfungsi untuk memompa refrijeran ke seluruh sistem. Di dalam kompresor terdapat motor yang menggerakkan piston kompresor. Di dalam kompresor itulah terdapat oli pelumas.

Dengan kerja yang terus menerus, maka suatu saat oli kompresor perlu untuk diganti. Kapan saatnya mengganti dan mengisi oli kompresor kulkas? Dan berapakah ukuran jumlah pengisian oli kompresor?



Kenapa Oli Kompresor Perlu Diganti?

Disini kami akan mencoba menjelaskan cara mengganti dan mengisi oli kompresor kulkas satu pintu atau dua pintu. Namun sebelumnya harus dipahami dulu kenapa kita perlu mengganti oli kompresor kulkas. 

Kenapa oli kompresor perlu diganti? Oli kompresor kulkas baik satu pintu ataupun dua pintu harus diisi jika sudah pernah mengalami kebocoran sistem. Saat terjadi kebocoran maka refrigeran akan keluar dan udara akan masuk ke dalam sistem. 

Udara yang mengandung uap air dapat menimbulkan reaksi dengan oli. Dan reaksi antara keduanya dapat mengakibatkan timbulnya endapan hasil reaksi yang bersifat asam. Bisa anda lihat dari warna oli yang berwarna keruh atau bahkan berwarna hitam.

Selain itu biasanya saat terjadi kebocoran pada kulkas, oli kompresor akan ikut terbawa aliran refrijeran dan keluar bersama refrijeran melalui bagian yang bocor tersebut. Akibatnya, oli kompresor secara tidak langsung akan berkurang. 

Berkurangnya jumlah oli refrijeran di kompresor ini akan menyebabkan kompresor cepat panas. Selain kompresor yang panas, juga akan timbul bunyi berisik di kompresor akibat dari gesekan piston yang tidak terlumasi oleh oli. Karena itulah oli kompresor perlu diganti atau ditambah.


Langkah Mengganti dan Mengisi Oli Kompresor Kulkas

Cara mengganti dan mengisi oli kompresor pada unit kulkas, langkah awalnya sama dengan cara mengganti kompresor yaitu sebagai berikut:

  1. Lepaskan pipa tekan (discharge) dan pipa hisap (suction) pada kompresor dengan alat las.
  2. Lepaskan baut yang menyangga kaki kompresor.
  3. Buang oli yang lama dengan cara memiringkan kompresor sampai oli habis.
  4. Siapkan oli baru pada wadah gelas ukur.
  5. Hidupkan kompresor, dan tuangkan oli baru melalui saluran hisap kompresor.
  6. Setelah selesai, pasang kembali kompresor dengan mengelas pipa-pipa kulkas yang sebelumnya dilepas.
  7. Lakukan cek kebocoran pada hasil pengelasan.
  8. Jika sambungan las baik, lakukan proses pemvakuman dan pengisian refrigeran/freon.


Setelah oli kompresor diganti atau diisi ulang, hasilnya pun suara pada unit kompresor kulkas akan terdengar lebih halus (tidak berisik) dan kulkas akan terasa lebih dingin dari sebelumnya. Selain itu juga kompresor tidak cepat panas seperti sebelumnya.

Sedangkan ukuran jumlah oli yang harus diisikan tidak ada patokan standar, karena di dalam manual book tidak ada disebutkan (mungkin rahasia perusahaan pabrikan). Tetapi menurut hasil pengukuran dan pengalaman para teknisi kulkas harus disesuaikan dengan kapasitas unit kulkas yang akan diganti oli kompresornya. 

Dari data-data hasil pengukuran dan pengalaman tersebut dapat kita pakai aturan berikut. Untuk unit kompresor kulkas ½ PK oli yang diperlukan adalah 250ml, untuk unit kompresor kulkas ¾ PK oli yang diperlukan 275ml.

Perlu diingat bahwa pengisian oli kompresor atau oli lubrican tidak boleh terlalu banyak, jika terlalu banyak oli lubrican dikhawatirkan oli akan mengalir masuk ke evaporator dan akan menghambat proses pendinginan (evaporator tidak dingin).



Jenis-Jenis Oli Kompresor

Ada beberapa jenis oli kompresor atau oli lubrican yang beredar di pasaran antara lain yaitu jenis Mineral Oil (MO), Ammonia Oil (AO), Polyalkylene Glycol Oil (PAG), Polyol Ester (POE), Alkybenzene Oil (AB), Polyalphaolefin Oil (PAO) dan Vacuum Pump Oil. Tetapi jenis oli kompresor yang banyak digunakan untuk refrigerant HFC adalah jenis mineral oil (MO) merk SUNISO, Enkarate.




cara mengganti oli kompresor kulkas


ganti oli pada kompresor kulkas


Demikianlah pembahasan mengenai cara mengganti dan mengisi oli kompresor kulkas. Semoga artikel ini dapat membantu anda semua. Simak juga aryikel lain tentang Prinsip Kerja Kulkas.

2 Responses to "Cara Mengganti dan Mengisi Oli Kompresor Kulkas"

Featured post

Logo SMKN 2 Metro featured

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel