-->

Cara Memasang Dinamo Mesin Jahit

Pada mesin jahit klasikal atau mesin jahit model lama, tenaga penggeraknya masih menggunakan tenaga manusia. Yaitu dengan menggerakkan pedal yang ada di bagian bawah mesin jahit dengan menggunakan kaki kita.

Pada mesin jahit klasik terdapat dua roda putar. Yaitu roda putar bagian atas dan roda putar bagian bawah. Diameter roda putar bagian atas lebih kecil daripada diameter roda putar bagian bawah. Antara kedua roda ini dihubungkan dengan tali bando atau belt, yang biasanya terbuat dari kulit.
Gerakan yang berasal dari kaki kita akan menghasilkan tenaga mekanik yang akan menggerakkan roda putar bagian bawah. Karena roda putar tersebut terhubung dengan dengan bandu (belt) maka roda putar bagian atas pun akan ikut berputar. Dengan demikian mesin jahit dapat bekerja. Kecepataanya tergantung pada kecepatan kayuhan kaki kita.

Nah, mesin jahit modern sekarang ini sudah menggunakan tenaga listrik untuk menggerakkan mesinnya. Dengan demikian kegiatan menjahit akan lebih mudah dan cepat. Kita tidak perlu lagi mengayuh pedal untuk menggerakkan mesin jahit. Hanya dengan menginjak pedal gas, maka dinamo akan menggerakkan mesin jahit.

Namun jangan khawatir jika anda hanya memiliki mesin jahit klasik yang masih dikayuh dengan menggunakan kaki. Mesin jahit anda dapat dimodifikasi dengan penambahan dynamo. Pada artikel kali ini akan kami jelaskan Cara Memasang Dinamo pada Mesin Jahit, sehingga mesin jahit manual anda bisa menjadi mesin jahit yang semi otomatis.

Harga dynamo mesin jahit tidak terlalu mahal. Dipasaran banyak dijual dengan rentang harga antara Rp125.000 sampai Rp200.000. Perbedaan harga tersebut tergantung pada merk dinamonya. Anda bisa membelinya di toko-toko offline maupun online. Untuk pembelian satu set, kita akan mendapatkan dynamo, pedal elektrik, kabel power, dan bando atau belt. 

cara pasang dinamo mesin jahit

Cara Pemasangan Dinamo

Sebelum mulai memasang dynamo, lepaslah terlebih dahulu bando atau belt pada roda bagian bawah, karena nanti akan diganti dengan belt untuk dynamo. Berikut ini adalah langkah-langkah cara memasang dynamo mesin jahit.

1. Pastikan terdapat lubang baut dynamo di mesin jahit anda. 

Letaknya di sebelah samping kanan mesin jahit. Lubang ini untuk memasangkan dynamo pada mesin jahit. Pasang dynamo dengan menggunakan baut yang disertakan saat pembelian. Baut ini jangan langsung dikencangkan dulu. Kita akan atur sesuai dengan kekencangan belt, sehingga belt tidak terlalu kencang atau kendur. 

cara pasang dinamo mesin jahit


2. Pasang belt atau bando, dan atur kekencangan belt. Jika sudah pas, kencangkan baut dynamo tadi. 

modifikasi dinamo mesin jahit

3. Pasanglah kabel power pada dynamo. Lakukan pengetesan dengan menginjak pedal. 

memasang dinamo mesin jahit

Demikianlah tadi cara memasang dynamo mesin jahit atau cara modifikasi mesin jahit manual menjadi mesin jahit listrik. Semoga artikel ini bermanfaat. Terimakasih.

0 Response to " Cara Memasang Dinamo Mesin Jahit"

Post a Comment

Featured post

Kelebihan dan Kekurangan Panggangan Gas (Gas Grill) featured

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel