Tips Memilih Freezer Box untuk Jualan

Tips Memilih Freezer Box untuk Jualan

Agar tidak salah dalam membeli freezer box untuk jualan, kita perlu tahu apa saja yang harus diperhatikan ketika membeli lemari pendingin khusus ini. Sebab, tidak semua jenis freezer bisa digunakan untuk jualan.

Ditambah lagi, harga freezer box untuk jualan ini tidak semurah harga kulkas untuk kebutuhan rumahan. Jadi pastikan kita mempertimbangkan dengan teliti agar modal yang sudah dikeluarkan tidak akan terbuang sia-sia.

Lalu, apa saja yang harus dipertimbangkan ketika memilih freezer box untuk jualan? Mari kita cek detailnya dalam artikel berikut ini.

cara memilih freezer box


1. Perhatikan Ukuran Freezer Box

Ada banyak ukuran freezer box yang bisa kita pilih, mulai dari freezer box 100 liter, 200 liter hingga ukuran paling besar yaitu 750 liter.

Ukuran freezer box ini harus dipilih berdasarkan jumlah produk yang ingin kita juga.


cara memilih ukuran freezer box


Contohnya jika ingin memilih freezer terbaik untuk usaha frozen food, maka ukuran freezer boxnya harus lebih besar karena kemasan frozen food umumnya besar-besar.

Selain itu, jangan lupa pertimbangkan ukuran toko atau kios dimana freezer box tersebut akan ditempatkan. Jangan sampai freezer box yang kita beli ternyata malah tidak muat dimasukan ke dalam kios.


2. Lihat Ukuran Daya Listriknya

Freezer box kecil dengan ukuran 100 liter umumnya membutuhkan daya 80 hingga 100 watt. Sedangkan yang ukurannya lebih besar pastinya memerlukan daya listrik yang makin besar juga.

Kemampuan mendinginkan pada freezer box juga bisa mempengaruhi daya listrik yang dibutuhkan. Sebagai contoh, freezer box dengan suhu maksimal yang lebih rendah membutuhkan daya yang lebih besar.


3. Cari Freezer dengan Fitur Defrost

Cara memilih freezer box yang bagus berikutnya adalah dengan memilih yang sudah dilengkapi dengan fitur defrost.

Fitur defrost ini akan sangat dibutuhkan ketika kita ingin mencairkan semua es di dalam freezer box, baik ketika mau dibersihkan ataupun mau diisi lagi dengan produk yang berbeda.

Membiarkan freezer box membeku dalam waktu yang lama juga sebenarnya tidak baik, apalagi kalau kita gunakan untuk berjualan frozen food. Sebab bau yang bercampur akan menempel ke kemasan frozen food tersebut. Sehingga produknya jadi seperti tidak fresh lagi.


4. Pilih yang Sudah Dilengkapi Fitur Child Lock Device

Fitur lainnya yang ada dalam freezer box terbaik adalah child lock device, dimana anak kecil tidak akan bisa membuka gembok khusus tanpa kunci.

Sesuai dengan namanya, fitur ini disediakan agar tidak terjadi masalah yang tidak diinginkan ketika ada anak kecil di dekat freezer box. Mengingat freezer box ini sangat dingin dan kulit anak-anak masih sensitif, maka adanya fitur child lock device bisa meningkatkan keamanan freezer box dari anak kecil.


5. Sesuaikan Dengan Budget

Karena freezer box yang kita bicarakan di sini akan digunakan untuk jualan, maka kita harus mempertimbangkan budget atau modal yang dimiliki.

Range harga freezer box dimulai dari 1,7 hingga di atas 3 juta Rupiah. Tapi dalam menghitung budget membeli freezer box, kita juga harus mempertimbangkan biaya perawatan, tagihan listrik, dan biaya operasional lain seperti biaya pembersihan bunga es dan masih banyak lagi.

Jika Anda memiliki bisnis UMKM, kami sarankan mulai dari freezer box kecil dulu dengan harga yang murah dan tidak membutuhkan daya watt terlalu besar.

Seperti itulah beberapa tips yang harus diperhatikan ketika memilih freezer box untuk jualan.

Jangan lupa, pastikan pilih freezer box yang bergaransi agar bila terjadi masalah kita bisa klaim garansi tanpa harus membayar biaya reparasinya.


Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url