Perbedaan antara MCB, MCCB, RCCB, ELCB

Perbedaan MCB, MCCB, RCCB, ELCB

MCB, MCCB, RCCB, dan ELCB semuanya merupakan pemutus sirkuit yang masing-masing dirancang untuk tujuan tertentu. Sebelum lebih lanjut mengetahui tentang perbedaan di antara semuanya, mari kita pelajari mengenai masing-masing perangkat tersebut.

Perbedaan antara MCB MCCB RCCB ELCB

Apa itu MCB?

MCB adalah singkatan dari Miniature Circuit Breaker. Perangkat ini berfungsi secara otomatis mematikan sirkuit listrik jika terjadi kondisi abnormal pada jaringan listrik seperti kondisi kelebihan beban (overload) dan hubung singkat (short circuit).

Sekering (fuse) juga dapat burfungsi untuk memutuskan sirkuit listrik, namun sekering harus diganti jika telah putus. Sedangkan dengan menggunakan MCB, kita dapat mereset MCB kembali seperti semula, jika MCB mengalami trip.

MCB adalah perangkat yang bekerja secara elektromekanis yang akan menjaga kabel listrik dan beban listrik dari arus berlebih, atau beban berlebih. Arus dan beban berlebih dapat mengakibatkan bahaya berupa kerusakan peralatan atau jaringan, kebakaran atau bahaya listrik lainnya. Penggunaan MCB cukup aman dan dapat dengan cepat memulihkan suplai listrik.

Pada penggunaan rumah tangga, MCB adalah pilihan yang paling sesuai untuk melindungi instalasi listrik pada sebuah bangunan rumah dari bahaya kelebihan beban dan hubung singkat. MCB dapat direset dengan sangat cepat dan tidak memerlukan biaya perawatan atau penggantian dibandingkan sekering. Prinsip kerja MCB adalah secara elektromekanis dengan menggunakan bi-metal. Bimetal akan memutuskan kontaknya jika terjadi kenaikan arus listrik melebihi batasnya.

 

Apakah yang dimaksud dengan MCCB?

MCCB adalah singkatan dari Moulded Case Circuit Breaker. MCCB merupakan jenis lain dari piranti pemutus arus listrik yang digunakan ketika arus beban melebihi batas rangkaian pemutus. MCCB berfungsi untuk memberikan perlindungan terhadap kelebihan beban, atau gangguan hubung singkat. MCCB juga digunakan untuk switching sirkuit.

MCCB dapat digunakan sebagai pengaman arus lebih dengan tingkat kesalahan yang lebih tinggi. Rentang pengamanan arus yang lebih besar dan kapasitas pemutusan yang tinggi pada MCCB memungkinkan penggunaan MCCB dalam aplikasi di industri.

MCCB dapat digunakan untuk proteksi kapasitor bank, proteksi generator dan distribusi penyulang listrik utama. MCCB dapat memberikan perlindungan yang memadai pada aplikasi yang memerlukan pengaturan beban lebih (overload) yang dapat disesuaikan, dan juga sebagai proteksi gangguan pembumian (grounding).

 

Perbedaan MCB dan MCCB

Dibawah ini beberapa  hal mengenai perbedaan MCB dengan MCCB

 

MCB

MCCB

1

MCB singkatan dari Miniatur Circuit Breaker.

MCCB singkatan dari Moulded Case Circuit Breaker.

2

Nilai arus tidak lebih dari 125 Ampere.

Nilai Arus hingga 1600A

3

Rentang pengaman arus berada di bawah 10KA

Arus interupsi MCCB berkisar dari sekitar 10KA - 85KA

4

Dilihat dari kapasitas dayanya, MCB terutama digunakan untuk kebutuhan Breaking capacity yang rendah terutama digunakan untik kebutuhan rumahan.

MCCB terutama digunakan untuk persyaratan kapasitas pemutusan rendah dan tinggi terutama digunakan di bidang industri.

5

MCB biasanya tidak dapat disesuaikan karena pada dasarnya melayani sirkuit rendah.

Arus trip MCCB dapat diperbaiki dan juga dapat disesuaikan untuk kelebihan beban dan pengaturan magnetik.

 

Pengertian RCCB

RCCB singkatan dari Residual Current Circuit Breaker. Piranti pengaman ini pada dasarnya adalah sebuah alat pengaman listrik yang berfungsi memutus aliran listrik setiap kali ada kebocoran aliran arus melalui tubuh manusia atau arus tidak seimbang antara kabel fase. RCCB dapat mengamankan seseorang dari tersengat listrik akibat kegagalan isolasi. Atau mengamankan kebocoran arus pada penghantar yang seharusnya tidak teraliri arus.

RCCB pada umumnya digunakan secara seri dengan MCB yang melindungi mereka dari arus lebih dan arus hubung singkat. Kedua fase dan kabel netral dihubungkan melalui perangkat RCCB. Ini adalah bentuk perlindungan hubung singkat yang sangat efektif & banyak digunakan untuk perlindungan dari arus bocor 30mA, 100mA dan 300mA.

 

Pengertian ELCB

ELCB adalah singkatan dari Earth Leakage Circuit Breaker. ELCB memiliki fungsi yang sama seperti RCCB tetapi dirancang sebagai sensor tegangan. Namun, ELCB adalah teknologi lama dan sudah jarang digunakan. RCCB menjadi perangkat sensitif saat ini memiliki keunggulan yang lebih baik dibandingkan ELCB.


Perbedaan antara RCCB dengan ELCB 

Seperti di tabel bawah, menunjukkan perbedaan antara RCCB dan ELCB.

 

RCCB

ELCB

1

RCCB mengacu pada singkatan Residual Current Circuit Breaker

ELCB adalah singkatan dari Electric Leakage Circuit Breaker.

2

RCCB mengacu pada perangkat proteksi kebocoran aliran arus yang melalui tubuh manusia

ELCB mengacu pada perangkat kebocoran pembumian yang dioperasikan dengan tegangan.

3

RCCB memastikan deteksi 100% arus bocor & tersedia untuk pengaman arus bocor AC dan DC.

ELCB hanya dapat mendeteksi arus yang mengalir kembali melalui kabel pembumian utama.

4

RCCB tidak memiliki hubungan dengan kabel arde dan karena itu dapat trip ketika kedua arus (fase dan netral) berbeda dan tahan hingga kedua arus yang sama.

ELCB bekerja berdasarkan arus bocor pembumian. Perangkat ini mengukur tegangan pada konduktor bumi; jika tegangan ini tidak nol ini menunjukkan kebocoran arus ke bumi.

 

Demikianlah perbedaan antara MCB, MCCB, RCCB dan ELCB. Semoga artikel ini dapat bermanfaat. Silahkan bantu share jika bermanfaat.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url