Kipas Angin Harus Diputar Dulu?

Masalah kipas angin harus diputar dulu mungkin pernah anda alami. Ketika dinyalakan, baling-baling kipas tidak mampu berputar. Harus dibantu dengan putaran tangan terlebih dahulu. Jika anda mengalami masalah yang sama, simak artikel kali ini. Kali ini kiata akan membahas cara mengatasi kipas angin yang tidak mampu berputar.

Saat kita pertama kali membeli kipas angin, maka putaran kipas akan cepat dan hembusan angin akan terasa kencang. Namun setelah pemakaian beberapa bulan atau tahun, maka lama-kelamaan, putaran kipas angin kita tidak secepat dan sekencang waktu awal dulu. Kenapa bisa demikian? Ada beberapa hal yang perlu kita ketahui. Yuk kita simak...

kipas angin harus dibantu putar

Penyebab Kipas Angin Tidak Mampu Berputar

Apa yang menjadi penyebab kipas angin tidak mampu berputar. Kali ini kita bahas penyebab kipas angin yang tidak mampu berputar karena kapasitornya lemah.

Kapasitor adalah komponen yang berfungsi untuk menyimpan arus listrik. Pada kipas angin, kapasitor ini berperan untuk membantu putaran awal dari motor listrik. Jika kapasitor sudah lemah, maka ia tidak bisa lagi menyimpan arus untuk membantu putaran awal motor kipas. Akibatnya, putaran kipas menjadi pelan.

Ciri-ciri kapasitor lemah yang bisa kita lihat langsung adalah bentuk fisik kapasitor yang menggembung, atau terkadang pecah. Jika kapasitor sampai rusak/pecah, biasanya kipas tidak akan berputar.

Selain ciri fisik, kapasitor yang lemah diukur dari nilai kapasitansinya. Kapasitas kapasitor dinyatakan dalam satuan Farad. Biasanya dalam mikro Farad. Kapasitor dapat menurun kemampuannya dari nilai awalnya. Misalnya kapasitor tertulis 1,2 mkroFarad. Saat diukur menggunakan Capascitance meter, nilai yang terukur hanya 0,9 mikroFarad. Hal ini menunjukkan kemampuan menyimpan arus dari kapasitor telah menurun. Cara memperbaikinya adalah dengan mengganti kapasitor baru sesuai dengan ukuran standarnya.

ganti kapasitor kipas angin lemah

Cara Memperbaiki Kapasitor Kipas Rusak

Untuk mengatasi masalah kapasitor kipas angin yang lemah atau rusak, gantilah komponen kapasitor kipas angin dengan komponen kapasitor yang baru. Perhatikan ukuran kapasitornya.

Ukuran kapasitor yang biasa digunakan untuk kipas angin adalah 1,2 – 2 mikro Farad. Anda dapat membelinya di toko elektronik di sekitar rumah anda. Pasang kabel kapasitor seperti semula. Bolak-balik tidak apa-apa, karena kapasitor kipas tidak ada polaritasnya.

Itulah tadi pembahasan kita tentang cara mengatasi kipas angin tidak kuat berputar. Anda bisa melakukannya sendiri di rumah, disela-sela waktu santai anda. Lumayan, bisa menghemat biaya servis… Semoga artikel ini bermanfaat.

Video Ganti Kapasitor Kipas yang Harus Diputar 



 

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url