Jurnal Refleksi Modul 1.1. Refleksi Filosofis Pendidikan Nasional – Ki Hajar Dewantara

Daftar Isi

Jurnal Refleksi Modul 1.1. Refleksi Filosofis Pendidikan Nasional – Ki Hajar Dewantara

Jurnal Refleksi Modul 1.1. Refleksi Filosofis Pendidikan Nasional
Jurnal Dwi Mingguan

Fact (Fakta)

Kegiatan pembukaan CGP Angkatan 9 dimulai pada tanggal 16 Agustus 2023. Pembelajaran dilakukan secara sinkronus dan asinkronus. Pembelajaran sinkronus dilakukan secara daring melalui Zoom meeting. Dan pembelajaran asinkronus dilakukan dengan menggunakan Learning Management System (LMS).

Pembelajaran CGP dimulai dengan mempelajari Modul 1.1. tentang Mulai Dari Diri dan Eksplorasi Konsep. Pada modul ini CGP belajar mengenai filosofi pemikiran Ki Hajar Dewantara tentang pendidikan dan pengajaran. Materi di sampaikan melalui zoom meeting dan penugasan di kerjakan di LMS.

Feelings (Perasaan)

Dua pekan mengikuti rangkaian kegiatan PGP di sela-sela kewajiban mengajar dan tugas-tugas sekolah membuat saya lelah sekaligus bahagia. Lelah karena harus tetap menjalankan kewajiban mengajar di kelas, dan juga menyelesaikan tugas tambahan guru di sekolah. Ditambah dengan mengikuti kegiatan PGP dan menyelesaikan tugas sesuai dengan tenggat waktu. Itu semua benar-benar menguras pikiran dan tenaga.

Namun demikian semua itu harus saya kerjakan dengan maksimal sesuai dengan kemampuan yang saya bisa. Masih jauh dari kata sempurna apa yang semua saya kerjakan itu. Semua demi niat saya sebagai guru untuk terus belajar dan berbuat lebih baik lagi bagi murid-murid saya.

Saya senang dapat belajar banyak pengetahuan yang sebelumnya tidak saya ketahui. Saya juga senang bisa mendapatkan teman-teman guru hebat yang mau berbagi pengalaman mereka. Dan saya senang bisa belajar banyak dari berbagai pengalaman rekan guru di PGP angkatan 9 ini.

Saya berharap dan berdo’a semoga saya bisa menyelesaikan kegiatan PGP ini hingga tuntas, dan memperoleh hasil terbaik yang bisa saya raih. Dan juga saya berdo’a semoga rekan-rekan guru peserta PGP juga dapat menyelesaikan seluruh rangkaian kegiatan PGP ini dan lulus bersama-sama.

Baca Juga: Jurnal Refleksi Modul 1.2. - Nilai dan Peran Guru Penggerak

Findings (Pembelajaran)

Dari modul 1.1. tentang Refleksi Filosofis Pemikiran Ki Hajar Dewantara saya belajar tentang dasar-dasar dalam mendidik murid. Ternyata apa yang saya lakukan selama ini banyak yang tidak sesuai dengan pemikiran bapak Pendidikan, Ki Hajar Dewantara.

Di modul ini saya memahami bahwa pendidikan itu harus memperhatikan kodrat alam dan kodrat zaman. Setiap anak memiliki bakat dan potensinya masing-masing, sehingga saya sebagai guru perlu menuntun mereka sesuai dengan karakter mereka masing-masing.

Future (Penerapan)

Penerapan dari modul 1.1. tentang refleksi filosofis pemikiran Ki Hajar Dewantara membuat saya berfikir untuk mulai memperbaiki cara mengajar saya selama ini. Agar sesuai dengan konsep pendidikan yang telah dicita-citakan beliau.

Contohnya, saya mulai memperlakuan murid sesuai dengan sifat dasar mereka, dan mengarahkan sesuai dengan kemampuan mereka masing-masing.

Mengubah pandangan saya terhadap murid, yang bukan lagi sebagai kertas kosong. Melainkan samar-samar terlihat goresan. Tugas saya sebagai guru adalah mempertebal laku murid untuk menuntun murid menuju kebahagian.

Posting Komentar