Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Penyebab Kulkas tidak Dingin dan Cara Mengatasinya

Penyebab kulkas tidak dingin dan cara mengatasinya - Kulkas saat ini bukan lagi menjadi barang yang mahal. Hampir setiap rumah di kota besar sudah memiliki perangkat rumah tangga yang satu ini. Karena fungsi kulkas yang sangat berguna untuk menyimpan makanan dan minuman. 

Namun sering pula terjadi masalah pada kulkas yang tentunya sangat menyebalkan. Namun jangan kuatir, karena dalam artikel kali ini kita akan membahas mengenai penyebab kulkas tidak dingin. Apa saja penyebabnya? Simak artikel berikut ini. 


cara mengatasi kulkas tidak tingin

Bunga Es yang Tebal pada Evaporator

Bunga es yang sangat tebal adalah penyebab kulkas tidak dingin. Dengan tebalnya bunga es, maka akan menghambat fungsi kerja evaporator. Evaporator berfungsi untuk menyerap panas dari dalam kulkas. Jika permukaan evaporator tertutup bunga es yang sangat tebal, maka proses penyerapan panas tersebut tidak akan terjadi. Bagaimana cara mengatasi masalah bunga es pada kulkas? 


Untuk mengatasi masalah bunga es pada kulkas, sebenarnya tidaklah sulit. Kenapa? Karena produsen kulkas sekarang ini sudah memberikan solusinya. Pada kulkas telah disediakan tombol defrost. Tombol ini berfungsi untuk mencairkan bunga es yang menempel pada evaporator kulkas. 

Tekan tombol defrost, dan biarkan selama kurang lebih 15 menit, maka bunga es yang tebal itu akan mencair. Sebaiknya pembersihan bunga es ini dilakukan secara berkala. Untuk mengetahui lebih lanjut tentang prinsip kerja kulkas, dapat pembaca lihat pada artikel Prinsip Kerja Kulkas.



kulatas tidak dapat beku

Karet Pintu Tidak Tertutup dengan Rapat

Sering membuka pintu kulkas berkali-kali juga dapat menjadi penyebabkan kulkas tidak dingin. Hal ini karena udara yang dingin akan keluar. Selain itu usia kulkas juga menyebabkan karet isolator tidak berfungsi dengan baik. Karet pintu yang tidak rapat menyebabkan udara dari luar masuk ke dalam kulkas, dan udara dingin keluar dari kulkas. 

Masalah ini dapat dihindari dengan tidak terlalu sering membuka-tutup pintu kulkas. Dan rutin membersihkan karet pintu bisa memperpanjang usia karet. 





sebab kulkas bocor

Evaporator Bocor karena Tertusuk Benda Tajam

Penyebab kulkas tidak dingin yang lainnya adalah bocor pada evaporator. Kebocoran ini biasanya diakibatkan pemilik melakukan pembersihan bunga es dengan menggunakan benda tajam, seperti pisau dapur, garpu, sendok, dan benda tajam lainnya. 

Sebaiknya hindari cara-cara seperti itu. Penggunaan benda tajam dapat menyebabkan evaporator bocor, karena tertusuk. Bocor pada evaporator menyebabkan bahan pendingin keluar atau habis. Pelajari caranya di Cara Menambal Freezer Kulkas Bocor.

Untuk memeriksa dan mengetahui bagian evaporator yang bocor, dapat dilakukan dengan metode bubble test. Bubble test adalah istilah pengecekan kebocoran dengan menggunakan air sabun. 

Dan untuk mengatasi masalah ini tidak bisa dilakukan selain dengan menambal bagian evaporator yang bocor, dan mengisi kembali bahan pendingin yang habis. Untuk hal ini sebaiknya diserahkan kepada layanan servis yang akan menambal bagian evaporator yang bocor. 



Itulah tadi beberapa penyebab kulkas tidak dingin yang bisa www.dinginaja.com kemukakan. Semoga artikel ini dapat membantu pembaca dalam menemukan masalah dan solusi mengenai Penyebab Kulkas tidak Dingin dan Cara Mengatasinya.

3 komentar untuk "Penyebab Kulkas tidak Dingin dan Cara Mengatasinya"

  1. Kulkas yang sering saya jumpai kerusakannya terjadi dibimetal, bimetal tersebut rusak/tidak berfungsi dan terjadi ice blok menyebab kan kulkas tidak dingin merata

    BalasHapus
  2. Penyebap kulkas tidak dingin adalah.kekurangan feron atau terdapat kebocoran di bagian evaporator

    BalasHapus
  3. Kulkas di rumah saya evaporator nya bocor karena saat membersihkan bunga es yang tebal menggunakan benda tajam atau mengambil es dengan cara mencongkel es tersebut.

    BalasHapus

Berkomentar dengan sopan.