Cara Pump Down AC Split

Cara Pump Down AC Split

Pernahkah anda mendengar istilah pump down? Pump down sering dikerjakan oleh para teknisi AC ketika melakukan perkerjaan servis atau pemasangan AC. Pump don dilakukan untuk tujuan menghemat bahan pendingin (freon). Untuk penjelasan lebih detail simak terus artikel ini.

Pengertian Pump Down pada AC

Pump down adalah proses menampung refrijeran yang ada pada unit AC, untuk disimpan di dalam kompresor dan kondensor yang terdapat pada unit outdoor. Selain pada sistem AC, pump down juga dapat dilakukan pada sistem refrigerasi. Pada sistem refrigerasi (mesin pendingin) pump down umumnya dilakukan untuk unit refrigerasi yang berskala komersial dan industrial. 

Cara pump down harus dilakukan dengan benar, baik pada sistem tata udara atau sistem refrigerasi. Begitu juga cara pump down pada AC split. Agar tidak terjadi masalah pada sistem pendingin, misalnya refrigeran terbuang, atau sistem terkontaminasi oleh udara. 

Pada artikel ini akan dibahas bagaimana cara pump down AC Split. Pada artikel ini juga kami berikan gambar yang dapat mempermudah memahami proses pump down AC split.

Pump Down pada AC

Pump Down AC dilakukan pada saat kita akan melepaskan pipa tembaga yang menghubungkan unit indoor dan outdoor. Hal ini biasanya ini dilakukan bila kita akan memindahkan atau melepas unit AC split. Misalnya akan memindah AC dari suatu ruang ke ruangan yang lain. Pump down juga kerap dilakukan pada saat akan melakukan servis pada unit AC.

Peralatan Pump Down

Untuk melakukan pump down pada AC split, kita membutuhkan beberapa peralatan. Yaitu, sebuah service manifold dan kunci L. Ukuran kunci L bisa menggunakan ukuran 4mm atau 5mm tergantung dari service valve dari AC yang akan kita pump down. 

Karena banyaknya jenis atau merk AC, maka sebaiknya siapkan kedua ukuran kunci L tersebut. Begitu juga untuk manifold, terdapat perbedaan ukuran kran outdoor antara AC yang berpendingin R-22 dengan R-32.

Proses pump down dapat dilakukan dengan manifold atau tanpa manifold. Untuk teknisi yang sudah terbiasa, maka akan mudah melakukan pumpdown tanpa manifold. 

Manifold berguna untuk mengetahui masih seberapa banyak freon atau refrigeran di dalam AC. 

Cara pump down AC dengan menggunakan manifold:

  1. Kompressor harus dalam keadaan running (ON).
  2. Pasang selang service manifold gauge tekanan rendah (selang yang berwarna biru) pada service valve (pentil) kompresor AC split.
  3. Buka penutup kran two way valve dan three way valve.
  4. Tutup katup two way valve pada discharge line (pipa kecil) dengan kunci “L” dengan diputar searah jarum jam, dengan demikian maka jarum pada manifold gauge akan bergerak turun ke angka nol.
  5. Valve pada suction line (pipa besar) ditutup pelan-pelan (putar searah jarum jam). Setelah jarum jam manifold gauge menunjukan angka nol, valve suction line harus tertutup rapat agar jarum tidak terus bergerak ke arah vacum.
  6. Apabila valve suction line sudah tertutup rapat, AC unit harus dimatikan secepat mungkin untuk mencegah kerusakan pada kompresor.
  7. Lepas sumber listrik yang terhubung ke unit indoor maupun outdoor, kemudian sambungan pipa-pipa dapat dilepaskan.


Cara Pump Down Ac Split tanpa manifold

Pump Down juga dapat dilakukan tanpa menifold. Jika dilakukan tanpa manifold, kita harus bisa memperkirakan kapan saat semua bahan pendingin sudah tertampung di kondensor. Hal ini karena kita tidak dapat mengetahui berapa tekanan bahan pendingin yang masih tersisa. 

Cara yang dapat kita jadikan acuan adalah berdasarkan waktu, dan juga dengan merasakan hembusan udara yang dihasilkan kipas kondensor. Cara pump down AC split tanpa manifold adalah:

  1. Tutup kran two way dengan menggunakan kunci L
  2. Tunggu kira-kira 15 detik. Atau tunggu hingga udara yang keluar dari kondensor tidak terasa hangat.
  3. Lalu tutup kran three way valve dengan kunci L.
  4. Segera matikan sumber listrik AC split.


Gambar Cara Pump Down AC Split

Proses pump down pada AC Split dilakukan pada saat unit AC berada pada keadaan menyala (ON). Berikut langkah-langkah pump down pada AC:

1.     Pasang selang manifold ke katup servis kompresor. Buang udara yang ada pada selang, dengan cara membuka sedikit katup manifold lalu tutup kembali katup manifold

Cara Pump Down AC rumah







2.    Buka penutup two way dan tree way valve
3.    Tutup two way valve dengan kunci “L”
4.    Setelah gauge menunjukkan tekanan nol atau dibawah nol, tutup tree way valve dengan kunci “L”

Cara Pump Down AC Split

5.    Matikan AC dengan remote control. Atau bisa dengan mematikan MCB.
6.    Lepas kabel power
7.    Lepas koneksi pipa yang menghubungkan indoor dan outdoor (jika unit akan dipindahkan) atau perbaiki kebocoran/kerusakan pipa

Cara Pump Down AC Split

Demikianlah cara pump down AC split yang bisa kami bagikan kepada pembaca. Mudah bukan?
Proses pump down harus dilakukan sesuai dengan prosedur agar tidak menyebabkan kerusakan pada sistem AC. 

Jika anda mengalami kesulitan silahkan menghubungi teknisi AC, agar tidak terjadi kesalahan prosedur.

Next Post Previous Post
2 Comments
  • Rifki ali
    Rifki ali 10/11/19 19:19

    beginilah cara mump down ac split, bagi yang tidak tahu apa itu pum down ac split bisa melihat artikel ini, sangat bermanfaat. Termikasih atas informasinya

    • Padma
      Padma 10/11/19 22:06

      Yup.. semoga bermanfaat.

Add Comment
comment url